Pemkot Pekanbaru Sudah Koordinasikan Pemindahan Pabrik Karet

id pemkot pekanbaru, sudah koordinasikan, pemindahan pabrik karet

Pemkot Pekanbaru Sudah Koordinasikan Pemindahan Pabrik Karet

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, sudah melakukan koordinasi dengan DPRD setempat menyangkut pemindahan dua pabrik pengolahan karet yang berada di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Payung Sekaki.

"Ini merupakan kendala serius karena Perda tentang Tata Ruang Wilayah belum rampung," kata Asisten I Sekda Pemkot Pekanbaru Dorman Djohan di Pekanbaru.

Menurut dia rancangan Perda itu sudah diajukan ke DPRD Kota Pekanbaru untuk disyahkan sehingga ada payung hukum pemindahan dua pabrik pengolahan karet.

Pernyataan tersebut terkait warga Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai mendesak Pemkot Pekanbaru untuk merelokasi pabrik pengolahan karet karena menimbulkan aroma tidak sedap.

Bahkan keberadaan pabrik tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan peruntukan wilayah karena berada di sisi Sungai Siak dan di tengah kota.

Pimpinan pabrik yang berusia lebih dari 45 tahun itu memang telah berupaya untuk mencari lahan penganti tapi mengalami masalah akibat diprotes tenaga kerja lokal.

Selain itu, keberadaan pabrik juga menyebabkan lingkungan sekitar tercemar oleh asap maupun aroma pengolahan karet yang menimbulkan bau busuk.

Dia mengatakan Wali Kota Pekanbaru telah memerintahkan aparat dinas terkait

untuk mencarikan solusi agar dua pabrik tersebut dipindahkan.