2.100 mustahik di Meranti terima dana zakat konsumtif Ramadan

id dana zakat konsumtif ramadan,Baznas Meranti ,Bupati Meranti Adil ,Zakat untuk mustahik Meranti

2.100 mustahik di Meranti terima dana zakat konsumtif Ramadan

Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil menyerahkan secara simbolis zakat bagi perwakilan mustahik di empat kelurahan di Kecamatan Tebingtinggi di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Selasa (4/4/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Meranti mendistribusikan dana zakat konsumtif Ramadan kepada 2.100 mustahik.

Dana itu disalurkan bersumber dari seluruh zakat ASN Pemkab Meranti yang terkumpul dari Januari 2023 sampai saat ini sekitar Rp750 juta. Dari jumlah tersebut, pendistribusian dana zakat konsumtif Ramadan untuk mustahik sebesar Rp630 juta.

"Untuk mustahik sebanyak 2.100 orang. Masing-masingnya menerima Rp300 ribu," kata Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Mardio dalam kegiatan distribusi zakat konsumtif Ramadan kepada mustahik di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Selasa.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh muzaki, yakni ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Terkhusus Bupati Muhammad Adil yang telah membayar zakat melalui Baznas Kepulauan Meranti.

"Alhamdulillah, kita juga sudah bertemu dengan Kapolres Kepulauan Meranti, dan Insya Allah beliau juga akan mengarahkan seluruh personelnya untuk membayar zakat melalui Baznas Kepulauan Meranti," jelas Mardio.

Dalam kesempatan itu, Bupati Adil menyerahkan secara simbolis zakat bagi perwakilan mustahik di empat kelurahan di Kecamatan Tebingtinggi.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kepulauan Meranti yang telah bekerja keras sehingga pengumpulan dana zakat, infak dan sedekah selalu meningkat di setiap tahunnya.

"Semoga dana zakat yang sudah terkumpul dapat segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkap Adil.

Pendistribusian dana zakat oleh Baznas ini, tambahnya, merupakan wujud kepedulian Pemkab Kepulauan Meranti terhadap penanggulangan kemiskinan dan menjaga stabilitas ekonomi. Serta dapat mempererat jalinan silaturrahim diantara muzaki khususnya bagi ASN dengan mustahik.

"Zakat ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Apalagi akan memasuki hari raya Idul Fitri," tambah Bupati.

Lebih jauh dijelaskannya, dalam rangka mewujudkan pengelolaan dana zakat ASN yang baik, jelas dan akuntabel, Baznas juga sudah menerapkan sistem potong gaji otomatis (payroll system). Dengan begitu, dipastikan pengelolaan zakat penghasilan ASN di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti akan lebih baik dan terpercaya.

"Untuk itu, saya mengharapkan semakin besar zakat yang diterima Baznas, semakin terbuka kesempatan untuk membantu dan memberdayakan kaum dhuafa, dan harta yang dizakatkan menjadi bersih dan berkah," pungkasnya.