Baznas Riau kucurkan Rp300 juta untuk UKM di Kep Meranti

id Baznas Riau,umkm,Baznas meranti, kepulauan meranti

Baznas Riau kucurkan Rp300 juta untuk UKM di Kep Meranti

Baznas Provinsi Riau (ANTARA/HO-antarariau.com)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau menyalurkan bantuan zakat umat sebesar Rp300 juta ke Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti untuk meningkatkan produktivitas usaha kelompok pelaku UKM di daerah itu yang juga terdampak pandemi COVID-19.

"Bantuan zakat berupa modal ekonomi kreatif ini diberikan lebih untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya dari masyarakat dengan harapan ketika taraf hidupnya meningkat maka ke depan mereka bisa menjadi orang yang berinfak dan bersyukur," kata Wakil Ketua III Baznaz Provinsi Riau, DR.Yahanan, M,Sy dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Diharapkan Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti, mendapat dukungan pemerintah daerah dan dengan kerjasama yang baik akan membuat masyarakat Meranti lebih sejahtera.

"Untuk penerima bantuan harus mengajukan proposal modal usaha ke Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk selanjutnya diteruskan ke Baznas Riau," katanya.

Ketua Baznas Kab. Meranti, Sunarto mengatakan, setelah dinilai oleh Baznas Provinsi Riau maka bantuan pengembangan usaha itu sebesar Rp300 juta itu sudah dapat disalurkan.

Karena itu,Sunarto berharap bantuan yang disalurkan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan serta memenuhi kebutuhan hidup penerima zakat atau mustahik.

Sunarto menjelaskan, ada beberapa program yang sudah diverifikasi diantaranya kelompok tani singkong di Tebing Tinggi Barat, kelompok usaha transportasi penyeberangan Kempang di Rangsang Barat, lumbung padi dan unit usaha lainnya seperti perbengkelan, pangkas rambut, warung, usaha menjahit dan lain sebagainya.

"Usaha produktif ini ada 44 kelompok, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 64 mustahik. Baznas itu punya tanggung jawab 1 persen untuk mengentaskan kemiskinan, dan bergerak bersama-sama pemerintah provinsi dan kabupaten," ujarnya.

Baca juga: HUT Polantas, Baznas gelar khitanan massal anak dhuafa

Baca juga: Bupati Siak serahkan bantuan baznas pada masyarakat terdampak COVID-19 di Kotogasib