Bupati Siak serahkan bantuan baznas pada masyarakat terdampak COVID-19 di Kotogasib

id siak, baznas siak, bupati siak

Bupati Siak serahkan bantuan baznas pada masyarakat terdampak COVID-19 di Kotogasib

Bupati Siak Alfedri menyerahkan sembako bantuan Baznas Siak di Kotogasib.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri saat saat menyerahkan bantuan dariBadan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat berupa paket sembilan bahan pokok untuk tanggap bencana COVID-19 di Kecamatan Koto Gasib.

"Saya berharap kepada orang yang memiliki harta, mencapai nisabnya wajib hukumnya mengeluarkan zakat. Seperti zakat perniagaan, perkebunan sawit dan emas itu 2,5 persen,"kata Alfedri di Koto Gasib, Minggu.

Ini menurutnya wajib dikeluarkan zakatnya dan diingatkan terus agar masyarakat peduli dan paham dengan haknya. Pada kesempatan tersebut

sebanyak 205 paket sembako diserahkan kepada para mustahiq yang terdampak COVID-19

Baznas Siak selain menyerahkan zakat kosumtif yang nilainya Rp143 juta juga menyerahkan zakat produktif sebesar Rp60 juta. Kemudian stimulus untuk empat kampung berjumlah Rp.40 juta.

Selain itu juga zakat dari Aparatur Sipil Negara tahap III berjumlah Rp102 juta. Dari total zakat tahap III yang disalurkan pada hari ini di Kecamatan Koto Gasib berjumlah Rp243 juta.

Dia mengatakan untuk Kecamatan Koto Gasib pengumpulan zakatnya tahun ini jauh meningkat dibandingkantahun lalu.

Lanjut kata Alfedri, di tengah pandemi, diharapkan dana zakat ini setidaknya mampu meringankan masyarakat yang terdampak dari wabah COVID-19.

"Kami berharap, zakat konsumtif yang disalurkan, setidaknya sedikit dapat meringankan beban para mustahiq yang terdampak wabah COVID-19," ujar Duta Zakat itu.

Ketua Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Koto Gasib Ustadz Afrizal menyampaikan, zakat yang disalurkan saat ini berasal dari Hamba Allah yang mengeluarkan zakatnya. Lalu disalurkan melalui UPZ kampung dan kecamatan.

"Zakat yang bapak terima pada hari ini, hak bapak ibu, yang dititipkan melalui muzaqi yang berkecukupan. Dititipkan kepada Baznas dan hari ini kita salurkan. Mari kita doakan semoga para muzaqi diberikan kesehatan dan di lapangkan rezkinya aamiin" tuturnya.

(adv)

Baca juga: Salurkan zakat kepada 361 kaum dhuafa, Alfedri ingatkan protokol kesehatan COVID-19

Baca juga: Baznas Bengkalis bantu biaya pendidikan untuk keluarga kurang mampu