Hasto Kristiyanto kenang Dubes M Prakosa sebagai sahabat Megawati

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Dubes

Hasto Kristiyanto kenang Dubes M Prakosa sebagai sahabat Megawati

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memimpin prosesi pemakaman Dubes RI untuk Italia M. Prakosa di Bantul, Yogyakarta, Selasa (24/1/2023). (ANTARA/HO-PDI Perjuangan)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengenang Duta Besar RI untuk Italia M. Prakosa sebagai sahabat Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Prakosa wafat di Roma, Italia, pada 17 Januari lalu dan dimakamkan di Bantul, Yogyakarta, Selasa.

"Beliau adalah sahabat Bu Mega. Tidak hanya di Kabinet Gotong Royong, tapi juga dipercaya dua periode sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan," kata Hasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hasto menghadiri upacara pemakaman Prakosa mewakili Megawati Soekarnoputri dan jajaran keluarga besar PDI Perjuangan. Jenazah Prakosa sempat disemayamkan di rumah duka di Pedukuhan Gresik, Bantul, Yogyakarta. Lokasi pemakaman Prakosa berada dekat dengan rumah duka.

Hasto menyatakan dalam pola hubungan yang sangat dekat dengan Prakosa, Megawati merasa sangat kehilangan atas wafatnya almarhum.

"Ibu Megawati Soekarnoputri, selain mengucapkan duka cita yang mendalam, beliau merasakan begitu kehilangan atas sosok yang rendah hati, sosok yang menjadi keteladanan dalam kejujuran, dalam kesederhanaan," kata Hasto.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan merasa kehilangan sosok Prakosa yang bersahaja dan akan mengambil keteladanan mantan Dubes RI untuk Italia itu dari seluruh perjuangannya.

Jenazah Prakosa tiba di Indonesia pada Senin (23/1). M. Prakosa lahir di Yogyakarta pada 4 Maret 1960 dan menghabiskan masa kecilnya di Jayapura, Papua, mengikuti penugasan orang tuanya sebagai PNS.

Usai menamatkan sekolah di Yogyakarta, Prakosa menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Prakosa juga pernah menempuh pendidikan di University of Tennessee dan Berkeley University di Amerika Serikat.

Pada 1999, Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid menunjuk Prakosa sebagai Menteri Pertanian. Lalu, di 2001, Presiden Megawati Soekarnoputri menunjuknya sebagai Menteri Kehutanan dan dikenal berprestasi dalam membasmi jejaring illegal logging yang merusak hutan Indonesia.

Pada 2005, Prakosa menjadi pengurus pusat dan mengepalai Badan Penelitian dan Pengembangan PDI Perjuangan. Pada Pemilu 2009, Prakosa terpilih menjadi anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng IX. Ia kembali terpilih sebagai anggota DPR untuk periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Pada Februari 2021, Presiden Joko Widodo menominasikan Prakosa menjadi Dubes RI untuk Italia. Pada November 2021, Prakosa mengambil sumpah jabatan sebagai duta besar dan tugas itu diemban hingga akhir hayatnya.

Baca juga: Dubes RI sosialisasikan kebijakan terbaru pariwisata Indonesia ke media China

Baca juga: Dubes RI ajak para pengusaha Hong Kong untuk tingkatkan investasi di Indonesia