Enam OPD dan tiga kecamatan dapat penghargaan terbaik daro Ombudsman

id Ombudsman

Enam OPD dan tiga kecamatan dapat penghargaan terbaik daro Ombudsman

Penjabat Bupati Kampar Kamsol saat menjadi pembina Upacara HUT Korpri di Kampar

Bangkinang Kota (ANTARA) - Enam dinas dan tiga kecamatan di lingkungan Pemda Kampar mendapat penghargaan terbaik hasil penilaian Ombudsman RI.

Penilaian dilakukan oleh Ombudsman RI dan penghargaan itu diserahkan oleh Penjabat Bupati Kampar Kamsol pada Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke-51 di lapangan Kantor Bupati, Selasa.

Dinas yang mendapat penghargaan ketersediaan layanan publik adalah Dinas Sosial sebagai peringkat I, Dinas Perpustakaan dan Arsip peringkat II serta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) berada pada peringkat III.

Kompetisi antar kecamatan sebagai peringkat I Kecamatan XIII Koto Kampar. Peringkat II Kecamatan Bangkinang Kota. Peringkat III Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Sedangkan penghargaan OPD atas prestasinya dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar tahun 2021 yaitu, peringkat I Inspektorat, peringkat II Dinas Ketahanan Pangan dan peringkat III Dinas PUPR.

Dalam arahannya sebagai pembina upacara, Kamsol menyampaikan bahwa dari kompetisi ketersediaan layanan publik antar perangkat daerah dan kecamatan se-Kabupaten Kampar serta prestasi dalam evaluasi SAKIP ini merupakan motivasi agar pemerintah sebagai pelayan publik selalu memiliki komitmen menyelenggarakan pemerintahan yang baik sesuai temanya “Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri”.

Ia juga menyampaikan pidato Presiden RI Joko Widodo yang isinya ucapan terima kasih atas Dharma bakti selama setengah abad mengabdi

Korpri diminta untuk benar-benar bisa bertransformasi secara total menjadikan dirinya sebagai bagian dari birokrasi untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan adaptif terhadap perubahan yang terus terjadi.

Kemudian menjaga integritas, melahirkan ide dan inovasi untuk bangun negeri, kesejahteraan masyarakat serta bisa menjaga kode etik profesi dan standar layanan profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta mewujudkan jiwa Korps ASN Sebagai pemersatu bangsa sesuai amanat Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.

Selain itu memperkuat soliditas dan solidaritas, kerjasama segenap komponen bangsa,.mencari terobosan positif dan cara kerja yang lebih cepat dan lebih murah serta birokrasi yang lebih singkat, transparan dan akuntabel guna meningkatkan pelayanan publik yang makin berkualitas.

Memperkokoh integritas aparatur melalui perubahan mindset dengan menghindari segala bentuk pungut liar, tingkatkan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. Merubah kerja manual menjadi kerja digital di seluruh jajaran pusat dan daerah.

"Saya ucapkan selamat bertugas, pengabdian dan hasil kerja seluruh jajaran Korpri selalu dinantikan oleh bangsa dan negara,' ujar Kamsol.

Upacara itu dihadiri pejabat Kampar, Dandim 0313/KPR Letkol Inf. Mulyadi, Wakapolres Rachmat, Ketua BPN Dedi Kusnadi, Kemenag Fuadi Ahmad, Ketua KPU Maria Aribeni dan seluruh kepala OPD, para ASN dan THL.