DPD Demokrat Riau Segera Gelar Musdalub

id dpd demokrat, riau segera, gelar musdalub

DPD Demokrat Riau Segera Gelar Musdalub

Pekanbaru, (antarariau.com) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Riau menyatakan segera menggelar Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) untuk memilih Ketua DPD yang definitif.

"Setelah saya membaca surat yang dikeluarkan DPP, pelaksanaan Musdalub menjadi suatu keharusan dan dilakukan pada November 2013 sesuai dengan arahan DPP," ujar Koordinator Divisi Kaderisasi dan Diklat DPD Demokrat Riau Rhonny Riansyah di Pekanbaru, Selasa.

Musdalub ini akan diikuti 12 DPC kabupaten/kota se-Riau plus satu dari DPD dan satu dari DPP.

Sehari sebelumnya, para Ketua DPC Partai Demokrat harus menyampaikan secara tertulis permohonan untuk menggelar Musdalub sesuai ketentuan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga partai (AD/ART).

Menurut Rhonny, mekanisme ataupun prosedur AD/ART yang telah ditetapkan partai harus berjalan dalam artian DPD harus memanggil para DPC se-Riau untuk dilaksanakan Musdalub dan disampaikan ke DPP Partai Demokrat.

DPP Partai Demokrat yang menetapkan pelaksanaan Musdalub DPD Partai Demokrat Riau. Maka pilihan sekarang ada di DPD. Kalau DPD tidak mau melaksanakan Musdalub dengan kondisi seperti ini, maka DPP langsung turun tangan menentukan tanggal. Bisa jadi pilihannya seperti itu," katanya.

Selama ini, lanjutnya, pihaknya hanya mendegar surat yang dikeluarkan dari DPP Partai Demokrat dan belum mengetahui, apalagi sampai membaca isi surat yang dikeluarkan tersebut.

"Kalau bunyi surat seperti ini, maka harus terselengara Musdalub. Cuma mengenai waktu pelaksanaan biasanya lentur, tergantung DPP. Mengingat di Riau akan diadakan pemilihan gubernur tanggal 27 Nevember dan bisa jadi Musdalub pada 29 November atau diawal Desember," ucapnya.

DPP Partai Demokrat mengintruksikan kepada seluruh DPD dan DPC untuk segera mengadakan Musda/Musdalub dan Muscab/Muscablub seluruh Indonesia dengan memberi batas waktu.

Intruksi tersebut dikemukakan DPP Partai Demokrat melalui surat dengan Nomor 118/INT/DPP.PD/XI/2013 dikeluarkan di Jakarta pada 8 November 2013 dan ditandatangani Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syariefuddin Hasan dan Sekretaris Jenderal Edhie Baskoro Yudhoyono.

Dalam surat itu, hanya berisikan dua nomor. Pada nomor 2 poin b dan c disebutkan pelaksanaan Musda/Musdalub dan Muscab/Muscablub diharapkan dapat diselesaikan paling lambat akhir bulan Nopember 2013.

Kemudian DPD dan DPC diminta untuk segera melaporkan rencana kesiapan penyelenggaraan Musda/Musdalub dan Muscab/Muscablub kepada DPP Partai Demokrat secepat.

Sejumlah DPC Partai Demokrat di Riau sebelumnya medesak untuk segera digelarnya Musdalub memilih Ketua DPD Partai Demokat Riau yang defenitif menjelang pemilu 2014 karena partai politik tersebut hanya dipimpin oleh seorang pelaksana tugas (plt).

"Kami berharap Musdalub bisa dipercepat sesegera mungkin, agar roda partai berjalan. Tidak seperti sekarang ini yang benar-benar vakum untuk wilayah Riau," ujar Ketua DPC Demokrat Kabupaten Indragiri Hilir, Syamsuddin Uti.