Dinkes Kampar dan IP ICBS teken Kerjasama Poskestren

id Poskesren,Icbs riau

Dinkes Kampar dan IP ICBS teken Kerjasama Poskestren

Penandatanganan kerjasama Poskesren IP ICBS Riau di Kubang Jaya. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Internasional Program Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Provinsi Riau melakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Pos Kesehatan Pesantren (Poskotren) di Pusdiklat Kubang Jaya, Selasa.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Pembina IP ICBS Eva Yuliana dan Kepala Puskesmas Kubang Ratnawilis.

"Program Poskestren ini merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di lingkungan pondok pesantren, dengan prinsip dari, oleh, dan untuk warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayanan promotif, preventif, tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitative," kata Ratnawilis, Rabu.

Dia menyampaikan agar pihak IP ICBS dapat memilih setidaknya 20 orang santri, 10 putra dan 10 putri untuk dilatih menjadi tim kesehatan di Ponpes seperti dokter kecil bagi Santri Husada Ibu dengan melibatkan para guru untuk mengasuh mereka.

Pembina IP ICBS Eva Yuliana mengatakan bahwa Poskestren ini diberi nama Poskestren Husada Ibu mereka akan dilatih dan dibina menjadi pelatih yang terampil dalam menangani soal kesehatan.

"Anak-anak akan dilatih menjadi kader yang terampil tentang konsep dasar Poskestren untuk mewujudkan Pondok Pesantren yang bersih dan sehat dengan melibatkan para guru mengasuh anak-anak di Ponpes," kata Eva Yuliana.

Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan warga pondok pesantren dan masyarakat sekitarnya tentang kesehatan, meningkatkan sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta peran aktif warga Ponpes juga untuk memenuhi layanan kesehatan dasar bagi warga pondok pesantren.