Kukuhkan Paskibraka, Bupati Meranti: Kalian jadi tauladan bagi pelajar lain

id Paskibraka Meranti ,Bupati Meranti Adil ,Pengukuhan Paskibraka Meranti

Kukuhkan Paskibraka, Bupati Meranti: Kalian jadi tauladan bagi pelajar lain

Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil mengukuhkan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih pada HUT ke-77 RI di Gedung Aula Kantor Bupati, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Sebanyak 20 orang anggota Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih HUT ke-77 RI Tahun 2022 Kabupaten Kepulauan Meranti dikukuhkan oleh Bupati Muhammad Adil di Aula Gedung Hijau Kantor Bupati, Selasa.

"Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya anak-anakku sekalian sebagai Paskibraka tingkat Kabupaten," kata Bupati.

Bupati Adil menilai para Paskibraka yang terpilih, merupakan putra-putri terbaik Kepulauan Meranti yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui.

"Anak-anak ku sekalian sangat beruntung, karena dua tahun ini anak-anak sekalian dapat terpilih menjadi pasukan pengibar bendera," ujarnya.

Ia mengatakan, hal tersebut merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi orangtua siswa terpilih. Sebab sesuai kriteria yakni ketahanan fisik yang prima, postur tubuh yang sesuai, mental dan moralitas yang baik, serta disiplin yang tinggi.

"Sebelum dikukuhkan menjadi Paskibraka, anak-anak sekalian telah menjalani serangkaian pendidikan dan latihan. Tujuannya untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting, yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih," bebernya.

Menurutnya lagi, pendidikan dan pelatihan yang didapatkan oleh para siswa tidak hanya berguna untuk tugas pengibaran bendera saja. Akan tetapi, sebut Adil, juga berguna untuk masa yang akan datang.

"Untuk itu pada kesempatan ini saya berpesan kepada kalian semua, agar hasil pendidikan dan latihan yang telah dilaksanakan selama ini dapat menjiwai sikap dan perilaku keseharian. Sehingga kalian menjadi contoh dan tauladan bagi pelajar dan generasi muda lainnya," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Adil juga mengucapkan terima kasih kepada para orangtua atau wali anggota Paskibraka karena telah mendoakan, memberikan dorongan dan memotivasi anak-anaknya. Sehingga mampu bertahan dalam setiap proses penyeleksian dan latihan yang sangat berat dalam mengemban tugas sebagai anggota Paskibraka.