Peringati Hari Dharma Karya Dhika ke-77, Rutan dan Imigrasi Siak gelar donor darah

id Rutan, Donor Darah, Imigrasi, Siak

Peringati Hari Dharma Karya Dhika ke-77, Rutan dan Imigrasi Siak gelar donor darah

Kegiatan donor darah di Siak. (ANTARA/HO-Rutan Siak)

Siak, (ANTARA) - Jajaran pegawai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B dan Kantor Imigrasi kelas II TPI Siak menggelar aksi sosial dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika ke-77.

Aksi sosial yang dilaksanakan berupa donor darah bertempat di Halaman Rutan Siak, Kamis. Kegiatan itu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Siak.

Dari pantauan, terlihat sejumlah petugas medis melakukan skrining atau mendeteksi potensi gangguan kesehatan pada petugas. Itu memastikan memastikan kondisi tidak memiliki penyakit diabetes, darah tinggi, dan penyakit bawaan lainnya.

Kepala Rutan Siak, Tonggo Butarbutar menyampaikan kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian untuk memperingati Hari Dharma Karya Dhika Kemenkumham sebagai kegiatan yang bernilai sosial dan kemanusiaan. Seluruh pegawai Kemenkumham diinstruksikan untuk ikut berpartisipasi.

Menurutnya, donor darah memiliki sederet manfaat baik bagi kesehatan, terlebih untuk kebugaran jasmani yang mana petugas Kemenkumham dituntut untuk sehat dan bugar dalam menjalankan tugasnya.

"Dan setiap tetes darah yang didonorkan ini akan memberikan manfaat juga bagi orang lain yang membutuhkan. Ini juga langkah untuk meningkatkan imun tubuh agar kebal terhadap penyakit," cakapnya.

Tonggo Butarbutar berharap kegiatan donor darah ini tetap berlanjut secara kontinu ke depan. Ia berniat minimal dilaksanakan dalam tiga bulan sekali.

"Kami jajaran Rutan Siak mengucapkan segenap terima kasih untuk keterlibatan semua pihak dalam donor darah ini. Semoga kegiatan yang baik ini tetap berlanjut ke depannya dan apa yang sudah kita lakukan mendapat balasan dari tuhan yang maha Esa," tuturnya.