Gebyar makan durian hendaknya dapat menarik wisatawan ke Bengkalis

id pemkab,bengkalis,kabupaten,gubri,durian

Gebyar makan durian hendaknya dapat menarik wisatawan ke Bengkalis

Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mencicipi durian asli Bengkalis dalam acara gebyar makan durian. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso berharap melalui gebyarmakan durian dapat menarik minat kunjungan wisatawan serta dapat meningkatkan usaha kecil menengah masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya di Desa Berancah, Kecamatan Bantan.

"Hal ini dapat terlaksana jika sama-sama berkomitmen agar kegiatan ini dapat secara kontinyu dilaksanakan,' ujar Bagus Santosodalam acara gebyar makan durian di Desa Berancah Bengkalis, Minggu (26/6).

Dikatakannya, gebyar makan durian yang dilaksanakan di Desa Berancah tahun ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan. "Kami selaku Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan ini dan berharap dapat menjadi salah satu agenda tahunan sebagai wisata kuliner," ungkapnya.

Gubernur Riau Syamsuar yang sengaja meluangkan waktu untuk menghadiri gebyar makan durian di Bantan ini mengucapkan selamat kepada Desa Berancah dan desa lain yang terus mempertahankan kebun durian.

"Orang Bengkalis sudah ahli dengan durian. Buah durian tak boleh hilang dari Bumi Bengkalis. Kita tak boleh latah ingin menanam durian jenis luar, namun harus pertahankan durian lokal. Itulah yang harus dikembangkan," ajak Gubri.

Di kesempatan itu,Gubri Syamsuar turut menyerahkan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau berupa alat mesin pertanian (Alsintan), 3.000 batang benih serta sarana produksi untuk 3 gapoktan dan bantuan bahan sarana pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT) tanaman durian.

Acara kemudian,dilanjutkan uji coba inovasi alat pembuka durian dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau dan penanaman bibit durian.