Tersisa satu pasien per minggu, Pekanbaru mampu kendalikan COVID-19

id covid pekanbaru, dinkes pekanbaru

Tersisa satu  pasien  per minggu, Pekanbaru mampu kendalikan COVID-19

Seorang petugas vaksinator menyiapkan vaksin CoronaVac di jarum suntik saat vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk sumber daya manusia kesehatan di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (28/1/2021). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru melaporkan saat ini kondisi penularan COVID-19 di wilayah setempat dalam kondisi terkendali. Hal ini dibuktikan dari jumlah kasus terkonfirmasi virus berbahaya tersebut hanya menyisakan satu pasien per minggunya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy mengatakan, penyebaran COVID-19 terus melandai sejak Lebaran kemarin hingga akhirnya kini terdapat rata-rata satu orang saja yang positif dalam sepekan.

"Artinya, kami sudah memenuhi target yang ditetapkan pemerintah pusat dengan angka positivityrate dari 100 orang yang diperiksa, maksimal 5 orang positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, ada pengelompokan untuk penularan COVID-19, salah satunya jika di atas lima orang, berarti kasus COVID-19 tak terkendali.

"Nah saat ini Kota Pekanbaru malah di bawah satu orang per Minggu, bahkan kasus COVID-19 cenderung tidak ada sama sekali beberapa hari belakangan ini," katanya.

Meski demikian, Dinkes tetap waspada dan melakukan pemeriksaan dan tidak lengah, semoga kondisi ini terus bisa dipertahankan hingga kasus COVID-19 dapat terus dikendalikan dan masyarakat dapat beraktifitas dan ekonomi menggeliat.

"Sesuai aturan warga tetap diminta waspada dan prokes menggunakan masker di dalam kerumunan dan ruangan," tukasnya.