66 kelurahan Pekanbaru zona hijau COVID-19

id Covid-19,Sebanyak,kelurahan, Pekanbaru, penularan

66 kelurahan Pekanbaru zona hijau COVID-19

Seorang petugas medis sedang mengambil sampel darah dari seorang warga di Riau. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Semakin melandainya kasus konfirmasi COVID-19 di Pekanbaru telah berdampak pada status wilayah setempat dalam penilaian penularan oleh Satuan Tugas (Satgas) COVID-19.

Dinas Kesehatan Pekanbaru mencatat kini sebanyak 66 kelurahan dari total 83 kelurahan yang ada sudah berstatus zona hijau penularan COVID-19.

"Artinya 66 kelurahan di Pekanbaru kini bebas dari kasus penambahan COVID-19," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih di Pekanbaru, Senin.

Dikatakan dia, penyebaran COVID-19 di Kota Pekanbaru saat ini sudah minim, hanya menyisakan 3 pasien yang isolasi mandiri.

"Sedangkan pasien COVID-19 di rawat di rumah sakit sudah nihil," kata dia.

Sementara lanjut dia, masih ada 17 kelurahan yang berstatus zona kuning dengan kategori penularan rendah.

"Hanya menyisakan zona kuning, sedangkan zona merah dan orange tidak ada," katanya.

Sementara di tingkat kecamatan, terdapat empat kecamatan yang sudah zona hijau dan 11 kecamatan lainnya zona kuning.

"Kecamatan zona hijau adalah Kulim, Rumbai Barat, Rumbai Timur dan Sail,"

kata dia.

Zaini menjelaskan, meskipun kasus penularan melandai, namun vaksinasi tetap berjalan, untuk itu warga yang belum vaksin diharapkan untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Sementara itu diberitakan, Satuan tugas Penanganan COVID-19 di Provinsi Riau merilis data terbaru kasus terkonfirmasi Minggu (17/4/2022) bertambah 9 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Kota Pekanbaru bertambah 8 kasus dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bertambah 1 kasus.

Sedangkan, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil), Dumai, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi (Kuansing), Rokan Hilir (Rohil) dan luar provinsi secara keseluruhan nihil kasus.

"Jumlah spesimen yang diperiksa kemarin sebanyak 46 dan 377 orang, 11 positif COVID-19," kata Zainal.

Sedangkan, pasien sembuh bertambah 10 orang dan kasus kematian karena COVID-19 nihil.

"Sehingga total kumulatif kasus Covid-19 di Riau menjadi 150.381 kasus. Yang diantaranya, 145.840 sembuh, 4.426 meninggal, 86 isoman dan 29 rawat di rumah sakit," tukasnya.