Semen Padang raih penghargaan tertinggi Penanggulangan COVID-19 dari Kemnaker

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Semen Padang

Semen Padang raih penghargaan tertinggi Penanggulangan COVID-19 dari Kemnaker

Semen Padang raih penghargaan tertinggi Penanggulangan Covid-19 dari Kemnaker   (ANTARA/HO-PT Semen Padang)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Semen Padang meraih dua penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI. Kedua penghargaan itu adalah Program Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 di Tempat Kerja dengan predikat Platinum dan penghargaan Program Penanggulangan dan Pencegahan (P2) HIV-AIDS di tempat kerja dengan predikat Silver, Senin (4/9).

Kedua penghargaan itu diserahkan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada Malam Anugerah Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2023 di Padang, Senin (4/9/2023). Dari PT Semen Padang penghargaan itu diterima Direktur Operasi, Indrieffouny Indra, dan Kepala Unit Health Safety Environment (HSE), Musytaqim Nasra.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi PT Semen Padang yang telah meraih penghargaan dari Kemnaker RI. Karena, penghargaan ini semakin membuktikan bahwa PT Semen Padang komitmen terhadap P2HIV-AIDS, serta pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di tempat kerja.

"Selamat kepada Semen Padang atas dua penghargaan dari Kemnaker. Kami dari Pemprov berharap Semen Padang sebagai perusahaan semen kebanggaan masyarakat Sumbar dapat terus mempertahankan dan meningkatkan pencapaian prestasi di bidang ketenagakerjaan," kata Mahyeldi yang pada kesempatan itu juga menyerahkan penghargaan yang sama dari Pemprov Sumbar.

Direktur Operasi PT Semen Padang, Indieffouny Indra mengaku bangga dan bersyukur atas dua penghargaan yang diterima dari Kemnaker. Kedua penghargaan ini, tentunya membuktikan bahwa PT Semen Padang selalu komitmen terhadap penanggulangan dan pencegahan COVID-19 di tempat kerja, termasuk P2HIV-AIDS.

Untuk penghargaan Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 di tempat kerja, Indrieffouny menyebut bahwa PT Semen Padang dianggap berhasil, karena sudah melakukan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 dalam bentuk prosedur bekerjasama dengan Semen Padang Hospital dalam penyediaan fasilitas isolasi untuk pasien COVID-19.

"Kemudian, melakukan kegiatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 berupa sosialisasi secara daring, dan melakukan vaksinasi Covid-19 bekerjasama dengan Semen Padang Hospital dan Polda Sumbar. "Vaksinasi tersebut tidak hanya untuk karyawan Semen Padang Group, tapi juga kepada masyarakat," katanya.

Pada acara Penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 Awards) Tahun 2023 dari Kemnaker RI yang digelar di Jakarta pada 22 Juni 2023, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengatakan bahwa tantangan ketenagakerjaan terus berkembang seiring dengan perkembangan dinamika dunia usaha dan industri.

Oleh karena itu, K3 harus semakin menjadi perhatian dan prioritas bagi dunia kerja di Indonesia. "Kegiatan ini adalah bagian dari upaya Pemerintah, khususnya Kemnaker RI dalam mengampanyekan K3, dengan memberikan apresiasi berupa Pemberian Penghargaan K3 kepada pihak-pihak yang telah berhasil menerapkan K3, baik kepada perusahaan maupun Gubernur," kata Ida Fauziyah.

Penghargaan K3, sebut Ida Fauziyah, diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil mencapai Kecelakaan Nihil, penerapan SMK3, P2HIV-AIDS di Tempat Kerja, serta Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja. Penghargaan ini, juga merupakan upaya untuk menekan angka kecelakaan kerja.

Dan, melalui penghargaan ini banyak perusahaan yang mempertahankan nihil kecelakaan kerja. "Bahkan, setiap tahun mengalami peningkatan," ujarnya.

Untuk perusahaan yang memperoleh nihil kecelakaan kerja, Menteri Ida Fauziyah membeberkan bahwa angkanya mengalami kenaikan sebesar 3,8%. Di mana pada tahun 2022 terdapat 1.742 perusahaan yang berhasil meraih penghargaan kecelakaan nihil, dan pada tahun 2023 sebanyak 1.812 perusahaan.

"Untuk itu, kami berharap agar dengan pencapaian penghargaan K3 ini dapat memotivasi pimpinan perusahaan lain mempertahankan kinerja K3, karena K3 merupakan investasi dan untuk menjaga keberlangsungan usaha, serta mencapai produktivitas perusahaan," katanya.

Baca juga: Dua tim inovasi Semen Padang bertekad raih prestasi tertinggi di IQPC Kuala Lumpur dan ICQCC Beijing

Baca juga: Semen Padang serahkan TJSL Rp850 juta untuk pengembangan pendidikan