Dua tim inovasi Semen Padang bertekad raih prestasi tertinggi di IQPC Kuala Lumpur dan ICQCC Beijing

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Semen Padng

Dua tim inovasi Semen Padang bertekad raih prestasi tertinggi di IQPC Kuala Lumpur dan ICQCC Beijing

Dua tim inovasi Semen Padang pancang tekad raih prestasi tertinggi pada IQPC Kuala Lumpur dan ICQCC Beijing (ANTARA/HO-Semen Padang)

Pekanbaru (ANTARA) - Dua tim inovasi PT Semen Padang yakni tim Bonus Liner dan tim Bridge menyatakan siap meraih prestasi tertinggi pada ajang International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2023 di Kualalumpur dan International Quality Convention Quality Control Circle (ICQCC) di Beijing. Tekad itu dipancang saat acara pelepasan oleh Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa dan Direktur Operasional Indrieffouny Indra, di Club House Lapangan Golf PT Semen Padang, Kamis (31/8/2023).

Tim Bonus Liner mewakili PT Semen Padang akan mewakili Semen Padang pada ajang IQPC yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 4-8 September 2023, dan tim Bridge di ajang ICQC di Beijing, China pada 29 Oktober sampai 3 November 2023.

Turut dihadiri pada acara pelepasan itu sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang, di antaranya, Kepala Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku, Sumarsono, Kepala Departemen Pemeliharaan Muhammad Syafitri, dan Senior Total Productive Maintenance (TPM) Officer Zulkarnaen.

Dirut Asri Mukhtar mengapresiasi kedua tim inovasi yang akan mewakili PT Semen Padang pada ajang inovasi tingkat internasional tersebut. Dia berharap kedua tim inovasi ini bisa memenangkan ajang inovasi internasional itu sesuai dengan semboyan Veni, Vidi, Vici (saya datang, saya melihat, saya menang)

"Selamat kepada tim Bonus Liner dan tim Bridge yang telah berhasil mewakili Semen Padang di ajang inovasi internasional. Saya berharap kedua tim ini tidak hanya sekedar berpartisipasi, tapi mengambil kesempatan untuk melakukan benchmark dari tim inovasi lain dari berbagai negara dan harus menang, sesuai dengan semboyan Veni, Vidi, Vici," katanya.

Asri pun berharap tim inovasi Bonus Liner dan Bridge ini juga dapat menjadi motivasi bagi insan PT Semen Padang lainnya untuk terus berinovasi pada proses bisnis yang ada di PT semen Padang. Karena, inovasi tersebut sangat erat kaitannya dengan efisiensi. "Kedua tim ini harus menjadi semacam trigger bagi yang lain. Itu harapan kami," ujarnya.

Direktur Operasi Indrieffouny Indra berharap kedua tim inovasi ini bisa meraih predikat Platinum di ajang inovasi tingkat internasional tersebut. Untuk itu kepada kedua tim, teruslah belajar, berkolaborasi dan teruslah membangun komunikasi yang lebih baik lagi. Karena, masih ada waktu untuk persiapan, terutama bagi tim Bridge.

"Kalau bagi tim Bridge, masih ada waktu kurang lebih dua bulan lagi untuk persiapan. Makanya, tingkatkan pelatihannya biar persiapannya bisa lebih matang lagi. Kemudian bagi Bonus Liner, waktu yang tinggal beberapa hari lagi, juga harus dimanfaatkan untuk meningkatkan komunikasi antar inovator yang ada di tim. Kami berharap, target dengan predikat Platinum dapat dibawa pulang ke Semen Padang," kata Indrieffouny.

Staf TPM Officer PT Semen Padang Wan Setiawan, yang akan mendampingi kedua tim inovasi ke ajang IQPC dan ICQCC menambahkan bahwa kedua tim inovasi ini dikirim ajang internasional setelah berhasil meraih predikat Platinum pada ajang TKMPN tahun 2022. Kedua tim ini telah memulai persiapan sejak Mei lalu. "Persiapan dimulai dari pembuatan proposal, pembekalan Bahasa Inggris dan pelatihan presentasi, serta evaluasi dari setiap tahapan pelatihan yang dijalani," katanya.

Ketua Tim Bridge Zulvawarman menyebut bahwa target dari manajemen tentunya menjadi tantangan bagi timnya. Untuk itu, ia bersama timnya akan berusaha semaksimal mungkin supaya bisa dapat mewujudkan tantangan dari manajemen PT Semen Padang. "Pada intinya, kami berusaha untuk yang terbaik di ajang ICQCC yang akan kami ikuti di Beijing, sehingga bisa mengharumkan nama Semen Padang dan Indonesia di kancah internasional," katanya.

Kepala Unit Pemeliharaan Listrik & Instrumen 2 PT Semen Padang itu juga membeberkan latar belakang inovasi yang dibuatnya bersama tim. Kata dia, inovasi tersebut berjudul "Menurunkan Durasi dan Meningkatkan Akurasi Analisa Troubleshooting Kiln Drive sehingga Menghindari Kehilangan Produksi, Kerugian Bahan Bakar dan Salah tindakan Troubleshooting" dengan anggota tim terdiri dari dirinya sebagai ketua, Adenil Muzarwi sebagai sekretaris dan anggota terdiri dari Ary Adrianto, Deri Suwandi, dan Rodian Adi.