Presiden Jokowi hari ini resmi cabut status pandemi COVID-19 di Indonesia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Jokowi

Presiden Jokowi hari ini resmi cabut status pandemi COVID-19 di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/6), resmi mencabut status pandemi COVID-19 dan Indonesia mulai memasuki masa endemi COVID-19. (ANTARA/Indra Arief Pribadi.)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu resmi mencabut status pandemi COVID-19 dan Indonesia mulai memasuki masa endemi COVID-19.

"Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi COVID-19, sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi," kata Presiden Jokowi.

Keputusan itu, kata Presiden Jokowi, diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka kasus konfirmasi harian COVID-19 yang mendekati nihil.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa hasil sero survei menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi COVID-19

Badan PBB untuk Kesehatan Dunia (WHO), kata Presiden Jokowi, juga telah mencabut status public health emergency of international concern.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.

"Tentunya dengan keputusan ini perekonomian nasional bergerak semakin baik dan meningkatkan status kehidupan ekonomi sosial masyarakat," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi katakan libur Idul Adha tiga hari untuk dorong ekonomi

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana hari ini lakukan kunjungan kerja ke NTB