Janji HA Benahi Semua Permasalahan di Riau

id janji ha, benahi semua, permasalahan di riau

Pekabaru, (antarariau.com) - Pasangan nomor urut 1 Herman Abdullah-Agus Widayat atau yang lebih dikenal dengan sebutan HA berjanji akan membenahi semua pemasalahan di Riau, jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Riau.

"Banyak permasahaan yang perlu diperhatikan lebih serius seperti pengembangan ekonomi lokal dalam mengantisipasi habisnya minyak dan gas bumi (migas) di Riau," kata calon Gubernur Riau, Herman Abdullah di Pekanbaru, Ahad.

Hal tersebut disampaikan Herman Abdullah di podium yang didampingi Agus Widayat pada saat rapat paripurna istimewa DPRD Riau dalam penyampaian visi, misi dan program calon gubernur dan wakil gubernur Riau periode 2013-2018.

Dengan mengenakan pakaian serba putih yang bercirikan khas Melayu, lebih lanjut Herman berujar, sampai saat ini masyarakat di Riau belum semua merasakan dampak pembangunan yang dilakukan.

Padahal Riau terletak sangat strategis karena berada di jalur perdangangan internasional yakni Selat Malaka dan berhadapan langsung dengan negara jiran seperti Singapura dan Malaysia.

Serta Riau berada di jalur lintas Sumatera yang cepat tumbuh dan berkembang dan posisi yang strategis tersebut merupakan nilai tambah bagi Riau, tapi masyarakat belum merasakan dampak dari itu.

"Karena tingkat penganguran di Riau masih ada sekitra 5,3 persen, sedangkan penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan berjumlah 500.326 jiwa atau 8,47 persen dari jumlah total penduduk," katanya.

Kemudian, lanjutnya, pertumbuhan penduduk Riau sekitar 3,5 persen per tahun dan berada di atas rata-rata penduduk nasional yaitu sebesar 1,4 persen tiap tahun.

"Menyangkut kebutuhan infrastuktur dasar dan infrastruktur yang menunjang investasi, perlu ditingkatkan. Seperti pembangunan jalan dan jembatan di Riau," ucapnya.

"Secara administratif Riau terdiri dari 12 kabupaten/kota dengan 163 kecamatan dan 1.745 desa/kelurahan. Letak geografis provinsi itu memiliki luas wilayah sekitar 8,9 juta hektare dengan luas daratan 80,12 persen dan wilayah perairan 19,88 persen," katanya lagi.