12 Kepala Disdukcapil Kabupaten/Kota Se Riau kumpul di Pekanbaru, Ada apa?

id disabilitas, perekaman ktp

12 Kepala Disdukcapil Kabupaten/Kota Se Riau kumpul di Pekanbaru, Ada apa?

Seorang anak sedang melakukan perekaman data kependudukan di Pekanbaru, Kamis (14/4/22). (ANTARA/HO-LPAI)

endataan, perekaman, dan pencetakan dokumen kependudukan untuk warga disabilitas ditargetkan 100 persen harus tercapai,
Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 12 Kepala Disdukcapil Kabupaten/Kota se Provinsi Riau berkumpul bersama Kepala DPMD Dukcapil Provinsi Riau, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Riau, dan anak-anak disabilitasdi Pekanbaru, Kamis.

Mereka mengikuti kegiatan yang serentak dilaksanakan di 10 provinsi di Sumatera dalam rangka pencanangan gerakan bersama untuk penyandang disabilitas melalui pendataan, perekaman, dan penerbitan dokumen kependudukan guna membangun masyarakat inklusif di Provinsi Riau dan Sumatera dipusatkan di Lampung.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan Amanat Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang menyatakan bahwa setiap penduduk mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan, terkhusus bagi penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya, Dirjen Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof Zudan Arif Fakrulloh menyatakan pendataan, perekaman, dan pencetakan dokumen kependudukan untuk warga disabilitas ditargetkan 100 persen harus tercapai.

Seorang anak menerima bingkisan oleh salah satu kepala dinas di Pekanbaru, Kamis (14/4/22). (ANTARA/HO-LPAI)


Ketua umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Prof Seto Mulyadi yang akrab disapa Kak Seto menyatakan lembaganya mendukung gerakan ini dalam rangka memenuhi hak asasi setiap orang di bidang administrasi kependudukan tanpa diskriminasi pelayanan publik yang profesional.

"Gerakan bersama bagi penyandang disabilitas ini merupakan sinergisitas bersama untuk mewadahi penyandang disabilitas untuk mendapat layanan pendataan kependudukan. Ini merupakan pekerjaan besar bagi semua instansi dan masyarakat, gerakan afirmatif yang bertujuan khusus untuk memberikandokumen kependudukanbagi yang kesulitan akses.

Baca juga: Peringati Hari Disabilitas Internasional, LPAI Riau gelar sejumlah kegiatan

Kita harus memastikan para penyandang disabilitas mendapatkan seluruh dokumen kependudukan," papar Kak Seto.

Selain dihadiri pejabat Disdukcapil se Provinsi Riau, acara ini juga dihadiri anak-anak disabilitas yang melakukan perekaman KTP dan KIA. Secara simbolis, serentak di 10 Provinsi, diserahkan KTP dan KIA kepada anak disabilitas. Di Riau KTP dan KIA diserahkan kepada 20 anak disabilitas.

Anak-anak terlihat senang dan antusias mendapatkan dokumen kependudukan yang diserahkan langsung oleh kepala-kepala dinas yang hadir. Kegembiraan semakin lengkap kala dibagikan juga bingkisan kepada anak-anak.

Baca juga: Puncak Hari Anak Nasional di Pekanbaru dihadiri Kak Seto