Peringati Hari Disabilitas Internasional, LPAI Riau gelar sejumlah kegiatan

id LPAI, Hari disabilitas, Riau

Peringati Hari Disabilitas Internasional, LPAI Riau gelar sejumlah kegiatan

Kemeriahan Hari Disabilitas Internasional di Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Riau menggelar kegiatan perekaman KTP-Elektronik bagi Penyandang Disabilitas serta pencetakan KIA (Kartu Identitas Anak), Talk Show dan Pentas Seni Anak Disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021.

Ketua LPAI Provinsi RiauEsther Yuliani

mengatakan KTP dan KIA adalah salah satu hak sipil yang wajib diberikan kepada seluruh anak dan warga. LPAI Riau akan terus berupaya dan berjuang dalam pemenuhan hak anak dan mengajak seluruh pihak untuk bisa bekerja sama dalam pelaksanaannya.

Kegiatan ini bertempat di Lantai 3 Mal Pekanbaru, Sabtu (11/12) bekerjasama dengan sejumlah pihak. Diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Riau, Disdukcapil Kota Pekanbaru, Pekanbaru Lab School, Mal Pekanbaru, dan Nissan SM Amin.

Kadis Dukcapil Pekanbaru, Irma Novrita, menyampaikan bahwa pemerintah dalam memberi perhatian khusus bagi para penyandang Disabilitas. Pasalnya mereka memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan, khususnya dokumen kependudukan.

Untuk itu bagi orang tua yang memiliki anak-anak yang luar biasa, agar tidak ragu untuk mengurus dokumen kependudukannya baik itu Akta Kelahiran, KIA, KK maupun KTP-EL.

Perekaman data KTP Elektronik saat Hari Disabilitas Internasional di Pekanbaru. (ANTARA/dok)


Pada acara itu, dari 138 yang mendaftar, peserta yang mengikuti perekaman KTP-EL sebanyak 22 peserta, dan yang menerima Kartu Identitas Anak sebanyak 82 orang anak.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Fasilitasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, PMD Dukcapil Provinsi Riau, Dwi Setiawati beserta jajaran. Ada juga Kapolsek Pekanbaru Kota, AKP Josina Lambiomdir, Dinas Sosial Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Kepala Bidang Anak, Fajrina dan Kepala Bidang Anak Disabiltas, Lia.

Saat perekaman KTP-EL dan pencetakan KIA, pengunjung dihibur dengan pentas seni anak disabilitas. Ini dipandu Kak Tabhita dan Talk Show yang dipandu Kak Fajar dan Kak Ricky.

LPAI Provinsi Riau adalah perwakilan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia yang diketuai oleh Profesor Dr. Seto Mulyadiatau yang lebih dikenal dengan Kak Seto. LPAI adalah organisasi pegiat perlindungan anak independen yang aktif menjalankan kegiatan pemenuhan hak dan kepentingan terbaik untuk anak, melalui penanganan dan pendampingan kasus, advokasi, publikasi, monitoring dan evaluasi berkala.