LKBN ANTARA Riau dukung kegiatan Hari Anak Nasional 2023

id hari anak nasional,LPAI Riau, antara riau

LKBN ANTARA Riau dukung kegiatan Hari Anak Nasional 2023

Kepala Biro ANTARA Riau Riski Maruto (kiri) bersama Kadis Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin (tiga kiri) saat peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Kota Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita (LKBN) ANTARA Biro Provinsi Riau mendukung kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Kota Pekanbaru yang dihelat oleh Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) setempat pada 22-23 Juli 2023.

Bentuk dukungan itu berupa menjadi media partner dengan menyiarkan kegiatan-kegiatan peringatan Hari Anak Nasional tersebut.

"Dengan ANTARA menyiarkan kegiatan Hari Anak ini, kita harap gaungnya tidak hanya sampai di Provinsi Riau saja, melainkan ke berbagai daerah lainnya di Tanah Air," kata Kepala LKBN ANTARA Biro Riau di Pekanbaru, Minggu.

Menurutnya, dengan peringatan Hari Anak Nasional ini bisa dikampanyekan perlindungan terhadap anak serta pemenuhan terhadap hak-hak dasar anak. "Jadi ini bukan sekedar seremonial biasa, tapi juga mengkampanyekan perlindungan anak melalui kegiatan dan pemberitaan positif dari ANTARA," ujar Riski.

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional di Pekanbaru dimeriahkan beragam kegiatan

Sebelumnya, Ketua panitia kegiatan Widiyono Javawinthsa mengatakan kegiatan bertemakan "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" ini dimeriahkan dengan kegiatan antara lain pentas seni anak, perekaman KTP untuk pemula, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA), pengurusan akta kelahiran, aktivasi identitas kependudukan digital serta sosialisasi dan peluncuran program manfaat KIA.

Bahkan peserta yang hadir juga bisa mendapatkan fasilitas potongan harga atau menikmati permainan gratis seperti human claw atau saat membeli peralatan sekolah. "Cukup menunjukkan KIA maka akan mendapatkan fasilitas istimewa tersebut," ujar Kak Widi.

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Riau, Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Dia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh LPAI Provinsi Riau yang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta pihak lainnya.

Sementara itu, Ketua LPAI Provinsi Riau Esther Yuliani mengingatkan pentingnya hak-hak anak agar dipenuhi oleh orang tua maupun oleh negara.

Ia juga meminta kepada orangtua yang mendapati anaknya menjadi korban kekerasan agar berani melapor ke LPAI. "Jangan takut, dan tidak ada diskriminasi dalam penanganannya," ujar Kak Esther.