Korban tewas akibat bencana banjir dan longsor di Brasil menjadi 130 orang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,banjir

Korban tewas akibat bencana banjir dan longsor di Brasil menjadi 130 orang

Sebuah mobil yang hanyut oleh banjir terlihat di Petropolis di Negara Bagian Rio de Janeiro, Brasil, pada 16 Februari 2022. (Xinhua/Wang Tiancong)

Jakarta (ANTARA) - Jumlah korban tewas akibat banjir dan tanah longsor di Petropolis, sebuah kota di Negara Bagian Rio de Janeiro, Brasil tenggara, bertambah menjadi 130 orang pada Jumat (18/2), demikian menurut otoritas setempat.

Laporan terbaru dari badan Pertahanan Sipil setempat juga mengatakan jumlah korban yang dilaporkan hilang naik hampir dua kali lipat menjadi lebih dari 200 orang, sejak hujan lebat pada Selasa (15/2) menyebabkan sungai meluap, dan memicu tanah longsor yang meluluhlantakkan banyak rumah.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang terbang di atas daerah bencana tersebut pada Jumat siang waktu setempat, mengatakan kondisinya tampak seperti "situasi perang," dan memerintahkan menteri-menterinya mengambil serangkaian tindakan darurat.

Baca juga: Kuasa hukum korban banjir sebut Anies tak serius tangani banjir, gugatan warga dikabulkan PTUN

Petugas pemadam kebakaran menuturkan masih mungkin untuk menyelamatkan korban hidup empat hari setelah bencana, meski kondisi cuaca memperlambat upaya penyelamatan yang menyulitkan penggunaan alat berat guna memindahkan tanah dan puing-puing.

Pemerintah Brasil diperkirakan akan menggelontorkan sekitar 500 juta reais (1 reais = Rp2.795) sebagai bantuan darurat bagi daerah-daerah yang terdampak.

Baca juga: Legislator pesimistis banjir Pekanbaru dapat diatasi

Baca juga: Tergenang banjir, PLN Bengkalis padampakan listrik di lokasi rawan


Pewarta: Xinhua