Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan kunjungi Kampung Patin, ada apa?

id Staf KKP,desa wisata kampar, ikan patin,siane indriyani

Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan kunjungi Kampung Patin, ada apa?

SAlah satu kolam ikan patin di Desa Wiata Kampung Patin, Kabupaten Kampar. (ANTARA/Vera Lusiana)

Kegiatan perikanan di Desa Koto Mesjid memberikan multiplier efect terhadap perekonomian masyarakat ,
Bangkinang Kota (ANTARA) - Staf khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Siane Andriani datang ke Kampar mengunjungi Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar sebagai Kampung Perikanan Budidaya Patin, Kamis.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyambut kunjungan itu yang juga didampingi Kasubdit Peredaran Pakan Christian Maikel dan Kepala Dinas Perikanan Provinsi Riau Herman Mahmud.

"Kunjungan ini dalam rangka menetapkan Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar sebagai Kampung Perikanan Budidaya Patin sebagai tindak lanjut ekspos Kadis Perikanan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 17 Januari 2022," kata Bupati.

Bupati didampingi Staf Ahli Bupati Bustan dan Kadis Perikanan Zulfahmi di ruang kerja Bupati lantai II.

"Pemerintah Kabupaten Kampar sangatmendukung atas rencana yang akan dilakukan oleh Staf Khusus KKP untuk menjadikan Desa Koto Masjid sebagai kampung perikanan budidaya patin, karena di Desa Koto Masjid inimerupakan salah satu sentra pengelolaan ikan yang dikelola kelompok Desa Koto Masjid, usaha pembenihan dan pembuatan pakan," terang Bupati.

Selain itu, lanjut Catur, Koto Masjid merupakan salah satu desa wisata kuliner perikanan dimana berkat adanya pengolahan pasca panen dijadikan sebagai desa wisata kuliner perikanan oleh Menteri Pariwisata RI dan berhasil meraih prestasi nasional.

Sementara itu,Siane Andriani mengaku sangat tertarik dengan Kabupaten Kampar karena daerah ini merupakan merupakan salah sentra perikanan di Indonesia terkhusus komoditi ikan Patin.

"Kegiatan perikanan di Desa Koto Mesjid memberikan multiplier efect terhadap perekonomian masyarakat dari sektor pembenihan, tukang panen, pekerja dalam pembuatan salai, transportasi, dan lain lain," jelasnya.

Selepas itu, staf KKP bersama Bupati mengunjungi sentra pengolahan ikan patin, kolam budidaya yg dikelola kelompok Desa Koto Mesjid, usaha pembenihan dan pembuatan pakan.

Di sana,Siane sangat antusias melihat kondisi perikanan di Kabupaten Kampar yang berkembang dan sangat memberikan kontribusi perekonomian masyarakat di masa pandemi saat ini.