Anugerah Desa Wisata 2021 digelar, Dispar Riau ajak pengelola mendaftar

id wisata riau, wisata kampar, desa batu tilam,air terjun batu tilam

Anugerah Desa Wisata 2021 digelar, Dispar Riau ajak pengelola mendaftar

Desa Wisata Batu Tilam, Kampar.(ANTARA/HO-Dispar Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menggelar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia, memilih tema “Indonesia Bangkit”.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat menyebutkan, bahwa rangkaian program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dimulai 30 April 2021 sampai dengan 4 Desember 2021. Ditargetkan Kemenparekraf, sebanyak 700 peserta bisa ikut program ini.

"Alur registrasi online mulai 7 Mei–26 Juni 2021 dengan cara membuka website Jadesta.com. Seluruh desa yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini, diharuskan untuk mengisi data-data pada form registrasi sebagai persyaratan utama yang harus dipenuhi," kata Roni Senin (24/5/2021) melalui keterangan resmi.

Roni menyebutkan, bahwa sasaran kegiatan ini adalah masyarakat desa, yang juga meliputi pengusaha industri pariwisata dan ekonomi kreatif, pengelola desa wisata, komunitas kreatif, pecinta wisata desa, wisatawan domestik dan mancanegara. Kemudian, para pihak yang berkecimpung dalam pengembangan desa wisata (dukungan pembinaan masyarakat, lingkungan dan pelaksanaan Corporate Social Responsibility).

"Saya harap pada ajang ini, selain berkompetensi diharapkan mampu berkoordinasi dan berkolaborasi antar desa wisata sehingga mampu meningkatkan kualitas destinasi maupun pelayanannya," sebut Roni.

Sedikitnya ada tujuh kategori penilaian pada kegiatan ini diantaranya, CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan),Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.

Sementara, untuk kategori aktivitas berdasarkan 4 pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan yakni, tata kelola, ekonomi lokal, budaya dan pelestarian lingkungan. Meliputi kontes desa digita, kontes homestay, kontes suvenir, kontes konten kreatif, kontes daya tarik wisata, kontes toilet dan kontes CHSE.

Baca juga: Objek wisata Batu Tilam Kampar juara pertama Anugerah Pesona Indonesia 2021

Baca juga: Air terjun Batu Tilam, destinasi wisata tersembunyi di Kampar Riau