Mantan Dubes China untuk Indonesia ditunjuk jadi Dubes di Australia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Dubes

Mantan Dubes China untuk Indonesia ditunjuk jadi Dubes di Australia

Arsip - Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia di Jakarta, Xiao Qian, menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H kepada umat Islam di Indonesia, Jakarta, Kamis (13/5/2021). (ANTARA/Dubes Tiongkok)

Beijing (ANTARA) - Setelah menjalankan tugas sebagai Duta Besar China untuk Indonesia selama empat tahun, Xiao Qian menempati pos barunya sebagai Duta Besar untuk Australia.

"Hubungan China-Australia untuk kepentingan mendasar kedua negara. China dan Australia berbeda dalam sejarah, dan sosial budaya, namun selama ini kita memiliki perspektif jangka panjang untuk saling menghormati, saling menguntungkan, dan berjalan pada arah yang benar agar hubungan bilateral ini bergerak maju," katanya dikutip media-media China, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan diplomat senior kelahiran tahun 1964 itu saat Australia sedang memperingati Hari Nasional.

Baca juga: Dubes RI di Spanyol Dr. Muhammad Najib serahkan surat kepercayaan kepada Raja Felipe VI

Xiao diharapkan dapat memperbaiki hubungan China dengan Australia yang saat ini sedang mengalami kemunduran. Ia dianggap familiar dengan Australia karena memang bertetangga dengan Asia, khususnya Indonesia.

Dia telah menjalankan tugas-tugas diplomatiknya ke beberapa negara selain Indonesia, seperti India, Amerika Serikat, Filipina, dan Hungaria.

Ia juga pernah menjabat deputi di Kantor Perwakilan Urusan Semenanjung Korea.

Pada Oktober 2020 saat masih menjabat Dubes di Indonesia, Xiao mengeluarkan pernyataan keras untuk menanggapi pidato Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam kunjungannya ke Indonesia mengenai ancaman China.

Baca juga: Presiden Joko Widodo lantik tiga Dubes untuk negara sahabat di Istana Negara

Xiao menggantikan posisi Cheng Jingye yang meninggalkan jabatannya sebagai Dubes Australia pada Oktober 2021.

Dalam pidato perpisahannya, Cheng mengatakan bahwa hubungan China-Australia dalam situasi yang sulit.

Sementara itu, posisi Dubes China untuk Indonesia yang ditinggalkan Xiao bakal ditempati oleh Lu Kang yang sudah tidak asing bagi insan media, baik lokal maupun asing di China, karena lama bertugas sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri (MFA).

Baca juga: Dubes RI untuk Amerika Rosan fokus tingkatkan kerja sama kesehatan, ekonomi RI-AS