1.200 Siswa Riau Bersaing Dapat Darmasiswa Chevron

id 1200 siswa, riau bersaing, dapat darmasiswa chevron

Pekanbaru,(antara.com) - Siswa-siswi terbaik SMA/MA/SMK di dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau bersaing untuk memperoleh dana pendidikan dari PT. Chevron Pacific Indonesia melalui program Darmasiswa Chevron Riau (DCR), untuk membantu meringankan biaya pendidikan siswa.

Ketua Program DCR 2013 Vivien Herlin di Pekanbaru, Rabu, menyatakan, siswa yang berhak mendaftar, yakni peraih juara umum satu, dua, dan tiga di sekolah masing-masing dengan mengakses situs resmi DCR di www.darmasiswachevronriau.com dan pengisian formulir harus dilakukan oleh perwakilan sekolah yaitu kepala sekolah atau guru.

Calon peserta tidak perlu lagi mendaftar melalui Diknas seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana pihak sekolah diharapkan mengutamakan siswa-siswi yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi (keluarga miskin).

"Pada saat ini peserta yang sudah mendaftar melalui situs resmi DCR telah mencapai 1.200 siswa/siswi untuk mendapatkan dana pendidikan ini, sedangkan sampai saat ini kami masih menunggu siswa/siswi yang belum mendaftar dari Rohil," ujarnya.

Sedangkan pendaftaran program Darmasiswa Chevron Rriau (DCR) ini akan ditutup Jumat (18/1), sementara untuk tes tertulis di seluruh kabupaten/kota akan dilaksanakan secara serentak Sabtu (19/1) dilaksanakan pada tempat yang ditentukan oleh Diknas masing-masing.

Sementara itu perwakilan PT CPI akan terlibat langsung dalam seleksi siswa/siswi di tingkat daerah, yang mana program DCR akan memilih 60 siswa-siswi terbaik yang terbagi dalam empat peringkat.

Peringkat satu sebanyak tiga siswa, peringkat dua sebanyak lima siswa, dan pada peringkat tiga juga empat masing-masing tujuh siswa kemudian 45 siswa lainya yang lulus dalam seleksi program (DCR).

Program ini merupakan kemitraan yang dilaksakan antara CPI dengan Dinas Pendidikan tingkat provinsi dan kabupaten/kota Riau, yang mana masing-masing kabupaten/kota akan meloloskan lima siswa-siswi terbaiknya yang mana akan mengikuti seleksi final meliputi aptitude test, psikotes, serta wawancara di Rumbai,Pekanbaru.

Pada saat sekarang ini terdapat sekitar 700 siswa-siswi unggulan Riau yang telah mendapatkan darmasiswa Chevron Riau (DCR) dan melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka yang ada di Indonesia, yang mana sebagian dari mereka telah menyelesaikan studi dan telah berkarir di berbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional.

(Reindy Rudagi)