Camat Rumbai salahkan pengembang terkait banjir di wilayahnya

id camat rumbai salahkan pengembang terkait banjir di wilayahnya

Pekanbaru (antarariau) - Camat Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau, Junaedy, menyalahkan dan menyesalkan sikap pengembang ruko di Jalan Yos Sudarso yang menutup saluran pembuang sehingga menyebabkan kawasan tersebut terendam banjir.

"Saya menyesalkan sikap pengembang ruko yang menutup saluran pembuang menyebabkan banjir di Kelurahan Limbungan Baru," kata Camat Rumbai Pesisir, Junaedy di pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan masalah tersebut usai meninjau banjir di Kelurahan Limbungan Baru yang merendam ratusan rumah penduduk hingga ketinggian mencapai 90 cm.

Bahkan camat bersama dua anggota DPRD Kota Pekanbaru, H. Arbi (Komisi IV) dan M. Navis (Komisi I) meninjau banjir di Kelurahan Limbungan Baru.

Dia mengatakan, terkait banjir tersebut sudah dua kali mengirimkan surat agar pengembang membuat saluran pembuang sehingga bila musim hujan air bah mengali lancar ke Sungai Siak.

Selain itu, katanya, surat pertama dikirimkan dua bulan lalu sebelum musim hujan dan ditembuskan ke Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT dan surat kedua dikirimkan hari ini yang isinya senada.

Dalam surat tersebut pada intinya menyebutkan agar pengembang ruko di jalan Yos Sudarso untuk membuat saluran pembuang agar musim hujan tidak banjir.

Padahal sebelumnya, ratusan rumah penduduk di Kecamatan Rumbai Pesisir, terendam air dengan ketinggian mencapai 90 cm akibat hujan turun sejak Senin dinihari.

Namun ketinggian air mencapai 90 cm di dalam rumah warga di jalan Nusa Indah dan rumah lainnya yang terletak di jalan Harmonis Kelurahan Limbungan Baru, Rumbai Pesisir.

Sedangkan kawasan Rumbai Pesisir yang terendam banjir yakni di jalan Harmonis, jalan Khayangan (Sekolah), jalan Nusa Indah, Kelurahan Meranti Pandak.

Salah satu penyebab banjir akibat saluran pembuang yang berada di jalan Yos Sudarso mengalami pendangkalan dan ditutup oleh pemilik ruko, maka air bah tidak mengalir lancar hingga ke Sungai Siak.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kota Pekanbaru, mendesak agar pengembang ruko untuk membangun saluran pembuang sehingga menyebabkan banjir yang merendam ratusan rumah di Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir.

"Setelah saya pantau bersama anggota lainnya, maka penyebab banjir di Rumbai Pesisir karena saluran pembuang ditutup pengembang ruko maka segera untuk dibuatkan saluran," kata anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, H.Arbi ditemui di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan, pihaknya bersama anggota DPRD setempat lainnya, M. Navis yang juga warga Rumbai Pesisir memantau penyebab banjir maka kesimpulan diperoleh akibat aliran air menuju Sungai Siak tidak lancar. ***3*** (U.A047)