Dumai Pasang 122 Lampu Jalan Tahun Ini

id dumai pasang, 122 lampu, jalan tahun ini

Dumai, (antarariau) - Dinas Tatakota, Kebersihan dan Pertamanan (DTKP) Kota Dumai, Riau telah selesaikan pembangunan dan pemasangan 122 tiang lampu penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik kawasan kota.

Kepala DTKP setempat, Zulfa Indra Rabu mengatakan, pengadaan tiang dan lampu untuk penerangan jalan umum ini dianggarkan dalam APBD murni 2012 senilai Rp 2,6 miliar.

Penempatan tiang dan lampu PJU ini terdapat di beberapa titik lokasi, diantaranya, 92 tiang di Jalan Soekarno Hatta, 20 tiang di Pantai Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai.

Selanjutnya, 6 tiang dan lampu di kawasan bundaran Jalan Putri Tujuh dan 4 tiang lagi di Jalan Dock Yard, Kecamatan Dumai Selatan.

"Semua pemasangan tiang dan lampu penerangan jalan umum ini sudah selesai dilakukan, namun ada sebagian yang belum hidup yaitu sebanyak 92 tiang yang dipasang di sepanjang 3,7 kilometer jalan Soekarno Hatta," kata Zulfa Indra.

Dia mengaku, untuk menghidupkan lampu di 92 tiang PJU tersebut membutuhkan daya listrik cukup besar bersumber dari dukungan energi PT PLN setempat.

Namun, kendati telah menyurati PLN dan membayar kewajiban membayar pemasangan meteran baru sebesar Rp 69 juta, namun sejauh ini lampu masih gelap gulita.

Padahal, masyarakat di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta sudah mendesak membutuhkan penerangan jalan umum karena selama ini belum pernah dipasangi lampu dan selalu gelap gulita.

Selain itu, dikuatirkan jika lampu belum dihidupkan bisa menimbulkan kerawanan kamtibmas dan terjadi tindak pidana kejahatan yang tentu saja tidak diinginkan bersama.

"Meski sudah bayar biaya pasang meteran baru, PLN hingga kini belum mendukung mengaliri daya listrik karena harus menunggu proses pelelangan secara nasional," ungkapnya.