Wujudkan usahawan baru, 17 anak Meranti dikirim ke Banten

id Pelatihan anak Meranti, BBLK Serang Banten, usahawan baru,Meranti, bblk meranti

Wujudkan usahawan baru, 17 anak Meranti dikirim ke Banten

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil melepaskan sebanyak 17 anak Meranti untuk dikirim ke Balai Besar Latihan Kerja (BBLK) di Kota Serang, Banten untuk mengikuti pelatihan menjadi usahawan. (ANTARA/Rahmat Santoso/21).

Selatpanjang (ANTARA) - Sebanyak 17 anak asal Kabupaten Kepulauan Meranti dikirim ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBLK) di Serang, Banten, untuk mengikuti pelatihan menjadi usahawan, Senin.

Pelepasan calon usahawan itudilakukan secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil di Pelabuhan Pelindo I, Selatpanjang. Tampak mendampingi Bupati, Plt Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Tunjiarto.

"Saya harap kepada peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga sepulangnya nanti dari sana dapat membawa ilmu untuk dikembangkan di Meranti," pesan Bupati Adil.

Tak hanya itu, perihal menjaga nama baik Meranti, tingkah laku, dan kesehatan juga tak lewat diingatkan Bupati Adil kepada peserta selama di BBLK Banten.

Kegiatan pelatihan untuk menjadi usahawan ini juga mendapat apresiasi tinggi oleh dirinya. Menurut dia, upaya tersebut sejalan dengan visi dan misinya untuk mewujudkan 9.500 usahawan baru dengan keterampilan yang mumpuni.

"Dengan begitu dapat membuka peluang kerja baru, untuk menekan angka pengangguran dan mendongkrak ekonomi masyarakat," kata mantan Legislator Provinsi Riau itu.

Untuk diketahui, salah satu program Bupati dan Wakil Bupati Meranti Adil - Asmar berkomitmen untuk melatih anak-anak Meranti menjadi usahawan baru yang terampil, mandiri, dan profesional di bidangnya.

Seperti yang dilakukan saat ini dengan mengirim sebanyak 17 orang anak Meranti untuk mengikuti pelatihan di BBLK Serang Banten.

Dalam kegiatan kerjasama antara Pemkab Meranti dan Kementerian Tenaga Kerja RI ini, anak-anak Meranti akan dilatih oleh instruktur profesional untuk mengikuti beberapa jenis pelatihan diantaranya operator listrik, plat welder(pengelasan), dan teknisi instalasi listrik.

Di sana peserta akan digembleng selama satu setengah bulan hingga berhasil mengantongi sertifikat sesuai bidang yang dikuasai.

Baca juga: Mulai 2022, honorer di Meranti akan dipekerjakan sesuai kebutuhan

Baca juga: Pelantikan pejabat eselon III dan IV di Meranti menunggu perkara ini usai