Pelantikan pejabat eselon III dan IV di Meranti menunggu perkara ini usai

id Bupati meranti, pemkab meranti

Pelantikan pejabat eselon III dan IV di Meranti menunggu perkara ini usai

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil saat diwawancarai sejumlah wartawan di Selatpanjang, Jumat (27/8). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Sejak menjabat sebagai kepala daerah Kabupaten Kepulauan Meranti sejak Februari 2021,Muhammad Adil - Asmarsegera melakukan pelantikan pejabat eselon III dan IV di roda pemerintahannya.

Pelantikan ini akan dilaksanakan karena Muhammad Adil - Asmar yang menang telak pada Pilkada 2020 telah memasuki usia menjabat selama enam bulan. Aturan tersebut sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 162 ayat 3 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada).

Di situ dinyatakan gubernur, bupati, atau walikota yang akan melakukan pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah provinsi atau kabupaten kota dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan, harus mendapat persetujuan tertulis Menteri Dalam Negeri.

Meski begitu, saat ditanya jadwal pelantikan Bupati Adil masih enggan mengatakan waktu tepatnya karena masih ada hal yang mesti diselesaikan yaitu tahapan lanjutan psikotes terhadap ratusan pejabat eselon III dan IV yang pekan depan.

"Tunggu tanggal mainnya. Saat ini kita serahkan kepada pihak ketiga (dalam hal psikotes). Apa yang kita lakukan kepada pihak ketiga ini harapan kita cukup tinggi yaitu 80 persen ke atas," ungkap Bupati Adil saat diwawancarai wartawan di Selatpanjang, Jumat.

Dengan melalui psikotes ini, ia menginginkan pejabat eselon III dan IV dilantik seluruhnya sehingga tugas yang diberikan dalam menjalankan program pemerintahan dapat berjalan dengan maksimal.

"Saya mau cepat, namun ada proses - proses yang harus dilalui dulu seperti psikotes itu. Kita tidak mau salah memilih, apalagi sekarang sudah ada yang menjadi PPTK dan lain sebagainya. Nanti sebulan setelah pelantikan pejabat yang eselon III dan IV, kemungkinan baru dilanjutkan assesment untuk pejabat eselon II," ujar Bupati Adil.

"Ada sebanyak 435 orang yang akan melakukan psikotes kedua pada Senin depan. Sementara pada psikotes pertama terhadap 626 orang pejabat, ada sekitar 84 orang yang tidak lulus. Tapi Insya Allah selesai psikotes Senin depan ini nanti dilanjutkan wawancara, kemudian langsung besoknya dilantik," tuturnya.

Mantan legislatorDPRD Provinsi itu juga akan memberikan kesempatan kepada ASN yang belum mempunyai jabatan dan pangkatnya cukup untuk menduduki jabatan promosi di eselon III dan IV.

"Kadang-kadang ini kan seperti bakat yang tidak tersalurkan, jadi kita beri kesempatan kepada mereka. Dan bisa jadi juga banyak yang mendapat jabatan promosi. Yang tidak lulus psikotes bisa ada kesempatan dan juga tidak," pungkas dia.

Baca juga: Vaksinasi di Meranti masih rendah

Baca juga: BNPB tawarkan penyediaan air bersih dan sehatdi Meranti