PGRI undang guru YouTuber latih buat video pmbelajaran

id Guru youtuber, tanoto,Tanoto foundation

PGRI undang guru YouTuber latih buat video pmbelajaran

Ketua PGRI Riau saat memberikan penghargaan kepada Amelia. (ANTARA/HO-TF)

Pekanbaru (ANTARA) - Untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat video pembelajaran jarak jauh, PGRI Riau melatih mereka selama tiga hari dengan menghadirkan guru YouTuber, Senin-Rabu, (19-21 April) di gedung guru HM Rusli Zainal, Kota Pekanbaru.

Guru tersebut adalah Amelia Madonna, guru SDN 15 Pekanbaruyang juga fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation.

Ketua PGRI Riau Muhammad Syafi'i didampingi Ketua APKS PGRI Provinsi Riau Syarifah Nurlela menyebut pelatihan tersebut untuk membekali guru menyiapkan video pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa saat belajar dari rumah.

"Belajar dari rumah harus dikemas dengan menyenangkan. Melalui pembuatan video, guru bisa menghadirkan pembelajaran yang membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar," jelas Syafi'i belum lama ini.

Amelia dikenal sebagai guru YouTuber yang aktif membuat video-video pembelajaran untuk siswanya belajar dari rumah. Video yang dibuatnya diunggah di YouTube dan ternyata disukai banyak siswa dan guru.

Sudah lebih dari dua juta viewer video di akun YouTube Amelia. Bahkan dia juga mendapatkan penghasilan tambahan dari kreativitasnya ini.

"Saya menularkan kemampuan saya kepada guru-guru cara membuat video pembelajaran yang mendorong keaktifan siswa. Alat syutingnya menggunakan HP, aplikasi Zoom, dan diedit menggunakan aplikasi resmi, gratis, dan tanpa watermark bernama VlogNow atau VN," jelas Amelia.

Peserta juga dilatih cara membuat thumbnail atau sampul video di YouTube, mengunduh video animasi dan gambar pixabay, membuat template YouTube.

“Selama tiga hari mengikuti pelatihan, para guru bersemangat menerapkan hasil pelatihan dengan membuat video. Semoga dapat membantu siswa yang masih harus belajar dari rumah," kata Amelia.

Baca juga: Tanoto Foundation ajak orangtua jadi sahabat belajar anak

Baca juga: Pelajar Siak unjuk karya Program PINTAR Tanoto Foundation Provinsi Riau


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar