Pemkab Kampar minat budi daya lebah Australia, menggiurkan hasilnya

id lebah madu, lebah madu australia, pemkab kampar

Pemkab Kampar minat budi daya lebah Australia, menggiurkan hasilnya

Yusri saat melihat boks lebah madu Australia. (ANTARA/HO-Pemkab Kampar)

Bangkinang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten KamparYusri, M,Si selepas melakukan kunjungannya ke Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi guna mengajukan permohonan jaringan gas bagi 13.000 rumah tangga di Kabupaten Kampar, Kamis (24/3), dia melanjutkan perjalanannya keTaman Wisata Lebah Cibubur guna mengeksplorasi potensi baru yang dapat dikembangkan di Kabupaten Kampar.

Dengan didampingi Kadis DLHKabupaten Kampar Aliman Makmur, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Badan Kesbangpol Ardi Mardiansyah, serta lainnya, dia melihat langsung cara budidaya lebah madu Australia yang tergolong mudah dalam pembudidayaannya.

Yusri melihat potensi ini sangat baik dan dapat dikembangkan di Kabupaten Kampar sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat karena bisa menjadi usaha mandiri masyarakat selain pakan yangmelimpah untuk lebah tersebut yang tersedia. Setiap bulannya masyarakat bisa mengkonsumsi hasil madunya bahkan bisa dijual dengan skala yang lebih besar, bila dikembangkan maka dapat menumbuhkan UMKM di Kabupaten Kampar.

"Potensi lebah madu Australia Ini berpeluang untuk dikembangkan di Kabupaten Kampar, bayangkan hasilnya 3 kilogram madu per 15 hari tiap satu boks dan harga per boks Rp1,5 juta- Rp2,5 juta.Ini di luar ongkos kirim, dan cukup terjangkau untuk dikembangkan," papar Yusri

Pakan lebah seperti akasia, bunga, nektar bunga pada tanaman buahan melimpah di Kampar. Ini merupakan sebuah potensi tersendiri untuk pengembangan budidaya lebah Australi. "Selain itu, perawatan yang mudah, dan proses panen madunya juga sederhana," katanya.

Pemerintah Kabupaten Kampar juga ditawari oleh pengelola Wisata Lebah Cibubur untuk dapat mengikuti pelatihan cara budidaya lebah Australia, atau bahkan tenaga pendidiknya yang bisa diundang untuk memberikan ilmu budidaya lebah tersebut ke para petani yang berniat membuat usaha budidaya madu tersebut di Kabupaten Kampar.

Baca juga: Ini cara mudah mengetes madu yang Anda beli murni atau tidak

Baca juga: Penggunaan madu bisa atasi pilek lebih baik dari obat

Baca juga: BKSDA rehabilitasi lima beruang madu