Pertagas-IZI Provinsi Riau bantu masyarakat Desa Sakai budidaya lebah madu

id IZI Riau

Pertagas-IZI Provinsi Riau bantu masyarakat Desa Sakai budidaya lebah madu

Pertagas-IZI Riau bantu masyarakat Desa Sakai Bekalar Kecamatan Kandis Kabupaten Siak untuk membudidayakan lebah madu. ANTARA/HO-IZI Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Pertamina Gas (Pertagas) Operation Rokan Area (ORA) yakni afiliasi Subholding Gas Pertamina bekerja sama dengan IZI Riau mengembangkan budidaya madu trigona guna meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Sakai Bekalar Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.

"Kami mewakili Pertagas Operation Rokan Area akan selalu berikan pendampingan kepada masyarakat. Semoga kerja sama ke depan bisa terjalin, ini merupakan peluang yang baik bagi bapak ibu di sini. Semoga komunikasi tetap berjalan dengan baik dan jika ada keluhan ataupun permasalahan bisa berkonsultasi dengan pengurusIZI ," kata Indra Allen Humas Pertagas ORA dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Indra, budidaya lebah madu trigona sangat cocok dikembangkan di daerah ini dengan harapan agar Kelompok Tani Lestari mitra binaan Pertagas bisa mandiri.

Karenanya, katanya mengharapkan penerima bantuan bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal.

"Pertagas menunjuk IZI Riau sebagai pelaksana program di lapangan dan telah menyiapkan 40 box berisi indukan lebah yang akan dibudidayakan," katanya.

Daniel Penghulu Desa Bekalar menyampaikan terimakasih kepada Pertagas ORA yang menjadi donatur program budidaya madu lebah trigona dan berharap bantuan yang diberikan dapat dimaksimalkan dengan baik.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada Pertamina Gas, semoga bantuan yang diberikan dimanfaatkan dengan maksimal pertahankan usaha ini dengan baik sebab budidaya lebah bernilai ekonomis tinggi. Kelompok tani harus serius mengalolanya agar pendapatan ekonomi bertambah," kata Daniel.

Kepala Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Riau M. Iqbal Farizi mengatakan selaku lembaga yang mendapat amanah dari Pertagas untuk mengembangkan budidaya bagi petani dalam upaya mendukung program pengembangan perekonomian masyarakat desa.

"Terima kasih kepada manajemen Pertamina Gas Rokan Area, semoga niat baik ini dilancarkan dan semakin berkembang, masyarakat desa akan makin sejahtera," ujar Iqbal.

Supriadi perwakilan kelompok tani Lestari budidaya lebah madu trigona berharap kepada Pertagas agar terus melakukan pendampingan hingga masyarakat menjadi mandiri.