Laznas IZI Riau targetkan bantu 2.000 keluarga miskin pada Ramadhan 2023

id IZI Riau

Laznas IZI Riau targetkan bantu 2.000 keluarga miskin pada Ramadhan 2023

Foto bersama Laznas IZI Perwakilan Riau menggelar Tarhib Ramadhan 1444 H bersama 17 media daring se-Pekanbaru, Kamis (16/3/2023). ANTARA/Frislidia.

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau menargetkan membantu 2.000 keluarga miskin di daerah itu melalui program zakat pada Ramadhan1444 Hijriah.

"Karenanya kita menargetkan bisa menghimpun zakat sebanyak Rp2 miliar melalui penghimpunan zakat langsung atau melalui aplikasi Zakatpedia oleh IZI agar memudahkan masyarakat membayarkan zakat mereka," kataKepala LaznasIZIPerwakilan Riau Iqbal Farizidi Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan hal itu pada acara Tarhib Ramadhan bersama 17 media daringse-Pekanbaru bertema, "Peran Media dalam Memaksimalkan Potensi Zakat di Riau".

Dia menjelaskan Tarhib Ramadhan bertujuan membangun kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk antara IZI dan media, dengan harapan dapat mengoptimalkan potensi zakat Riau sebesar Rp1,8 triliun berdasarkan data Baznas Provinsi Riau.

Ia menyebutkan potensi zakat di Riau sebesar Rp1,8 triliun, namun lembaga zakat di Riau baru bisa menghimpun Rp179 miliar.

"Penyebabnya banyak faktor, di antaranya adalah pemahaman yang kurang terkait kewajiban berzakat, karena itu media berperan sebagai wadah edukasi dan corong informasi untuk memaksimalkan penghimpunan zakat itu," kata dia.

Selain itu,Iqbal mengatakan fokus utama program BookingBerkah Ramadhan 2023 dampak dari zakat kepada penerimanya.

"Kita berharap program-program pelatihan dan kebaikan yang kita gelar melalui zakat ini dapat berdampak terhadap kualitas penerima zakat menjadi lebih baik dan unggul. Kita harapkan dengan upaya kolaborasi dan kerja sama ini semakin membantu menurunkan angka kemiskinan di Riau," kata dia.

Kepala Bidang Pusat PungutanZakatIZI Perwakilan Riau Abdur Gofur mengatakan kontribusi media daringberpengaruh terhadap pencapaian penghimpunan zakat di Riau, yakni melalui ekspose publik.

Perkembangan penghimpunan dan penyaluran zakat, kata dia, juga melibatkan media daringdengan harapan meningkatkan edukasi dan kesadaran masyarakat berzakat yang semakin tinggi.

Program BookingBerkah Ramadhan IZI Perwakilan Riau berupa enam pilihan paket, yaitu Paket Ramadhan, Zakat Fitrah dan Fidyah, Ifthor dan Takjil, Bingkisan Takjil dan Dhuafa, Benah Mushola, dan Sebar Al-Qur'an yang akan berlangsung hingga akhir Ramadhan 1444 Hijriah.

Pewarta :
Editor: Frislidia
COPYRIGHT © ANTARA 2023