Wamenag RI minta ASN Kemenag Riau jadikan nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Wamenag RI minta ASN Kemenag Riau jadikan nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa

Wamenag RI minta ASN Kemenag Riau jadikan nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa (Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Drs. H Zaidut Tauhid Sa’adi M SI, meminta Jajaran pegawai di Kemenag Riau agar dapat menjadikan nilai-nilai agama seperti keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, integritas, profesionalitas, tanggung jawab, dan keteladanan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Nilai-nilai Kementerian Agama ini harus dikembangkan dan menjadi pedoman kita, artinya, Kemenag punya tugas yang luar biasa dalam melayani umat beragama dan pelayanan keagamaan sangat diutamakan, karenanya ASN Kemenag bertugas penuh keikhlasan, tanggungjawab, dan memberikan pelayanan pada masyarakat dengan baik," kata Wamenag RI, Zaidut Tauhid Sa’adi di Pekanbaru, Sabtu.

Wamenag mengatakan, pegawai Kemenag selain mengemban tugas negara dalam kesehariannya juga memiliki tugas mengawal nilai-nilai agama dan kebangsaan agar tidak terjerumus pada paham radikal dan ekstrim yang menyebabkan hilangnya konteks agama yang sesungguhnya.

Setiap agama, katanya, punya prinsip dan panduan yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Agama mengajarkan pemeluknya agar bisa hidup nyaman berdampingan, rukun dan damai, meski nyatanya punya perbedaan.

"Untuk itu, kita selaku pegawai Kementerian Agama hendaknya memiliki pemahaman yang moderat, karena dengan ini bisa membuat kita hidup berdampingan dan tidak mengenal kekerasan,” ujarnya.

Selain itu, ditengah pandemi COVID- 19 yang masih melanda Indonesia kini, Wamenag juga berharap, agar Kemenag Provinsi Riau bisa terus mengembangkan inovasi-inovasi dalam memberikan palayanan kepada umat. Perlu kiat- kiat khusus agar pelayanan kepada umat tidak terhenti karena pandemi.

"Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kakanwil Kemenag Riau yang mengembangkan berbagai inovasi yang bisa terus mendekatkan kita kepada masyarakat walau masih dalam suasana pandemi," katanya.

Wamenag menyatakan juga mendorong Kanwil Kemenag Provinsi Riau agar memberikan target untuk bisa memperoleh WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Karena ini akan menjadi catatan prestasi yang dikenang oleh masyarakat.

Kakanwil Kemenag Riau Dr H Mahyudin MA, menyebutkan, dengan pembinaan yang diberikan oleh Wamenag akan semakin memacu kinerja pegawai Kemenag se Provinsi Riau. Berbagai program dan prestasi nasional dan internasional diraih Kemenag Provinsi Riau.

"Jumlah pegawai kita lebih dari 3.000 orang, walaupun tidak bisa mengikuti pembinaan secara langsung karena keterbatasan peserta di masa pendemi COVID-19, tetapi mereka mengikuti pembinaan secara daring melalui youtobe Kanwil Kemenag Riau. Untuk itu, terimakasih kepada bapak Wamenag, semoga kehadiran bapak Wamenag menjadi suntikan semangat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan prestasi," kata Mahyudin.

Hadir dalam kegiatan pembinaan yang berlansung selama dua jam tersebut Kabag TU, Plt Rektor UIN Riau, Direktur AUAK seluruh Kepala Bidang, Pembimas, Kasubbag dan Kasi Kemenag Riau, Kakankemenag Kab/ Kota, Pengawas, Kepala KUA dan Kepala Madrasah.