Lima hektare lahan di Kecamatan Teluk Belengkong terbakar

id Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau,Desa Desa Sumber Jaya,Inhil,tembilahan

Lima hektare lahan di Kecamatan Teluk Belengkong terbakar

Personel gabungan saat melakukan pemadaman di Desa Desa Sumber Jaya, kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Inhil, Riau. Rabu (3/3/2021). (ANTARA/Adriah)

Belum lagi angin kencang dan berubah arah, cuaca yang terik, sumber air yang jauh, dan lokasi yang jauh dari Koramil membuat tim sedikit kesulitan melakukan upaya pemadaman
Tembilahan (ANTARA) - Lahan seluas lima hektare di Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, terbakar dan tim gabungan terus melakukan pemadaman di lokasi.

Babinsa Koramil 06/Katemen, Kopda Halim, Rabu, mengatakan bahwa kebakaran lahan tersebut terjadi di Desa Desa Sumber Jaya, kecamatan Teluk Belengkong.

"Perkiraan lahan yang terbakar seluas lima hektare. Kini api belum bisa padam dan masih mengeluarkan asap," sebutnya.

Dia mengatakan personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, aparat desa, dan masyarakat hingga kini masih berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan.

"Kita sedang melakukan pemadaman," ungkapnya.

Personel gabungan saat melakukan pemadaman di Desa Desa Sumber Jaya, kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Inhil, Riau, Rabu (3/3/2021). (ANTARA/driah)


Untuk memadamkan api, Halim mengatakan personil gabungan didukung dengan empat unit mesin air, selang 14 gulung, parang, cangkul dan ember.

Tanah gambut dengan ketebalan dan kedalaman tiga meter dan dalam keadaan kering menjadi faktor penghambat dalam upaya pemadaman karena diketahui sekam masih membara di bawah tanah dan berpotensi menimbulkan api berulang.

"Belum lagi angin kencang dan berubah arah, cuaca yang terik, sumber air yang jauh, dan lokasi yang jauh dari Koramil membuat tim sedikit kesulitan melakukan upaya pemadaman. Namun hingga kini, api sudah mulai bisa diatasi," tuturnya.

Hingga kini, lanjutnya, pemilik lahan dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib.

Halim mengimbau agar masyarakat untuk berhenti membuka lahan dengan cara membakar.

Baca juga: Dandim 0314/Inhil ingatkan warga tak bakar lahan

Baca juga: Waduh, enam hektare lahan di Inhil terbakar