Waduh, enam hektare lahan di Inhil terbakar

id Kapolres inhil,akbp dian setyawan,karhutla di inhil,karhutla,karhutl di tempuling,karhutla di enok,Karhutla inhil

Waduh, enam hektare lahan di Inhil terbakar

Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan saat melakukan pemadaman api di Dusun Sekawan, Kecamatan Tempuling, Inhil, Minggu (21/2/2021). (ANTARA/HO-Polres Inhil)

Tembilahan (ANTARA) - Laham seluas enam hektaredi Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, terbakar dan petugas terus melakukan berupaya memadamkannya.

Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan, Minggu, menerangkan bahwa ada dua lokasi yang saat ini sedang dilakukan pemadaman di Kecamatan Enok dan Kecamatan Tempuling.

“Enam hektare lahan terbakr di Dusun Sekawan, Kecamatan Tempuling dan satu hektare lahan terbakar di perbatasan Enok, Kecamatan Enok,” sebut Dian.

Ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pendinginan di dua lokasi bersama TNI, BPBD, Damkar dan masyarakat peduli api (MPA).

Diterangkan, lahan yang terbakar di Dusun Sekawan, merupakan semak belukar yang mudah terbakar dan kondisi kering serta bertekstur gambut, dengan Luas sekitar lima hektar.

Sementara alat yang digunakan untuk pendinginan yakni enam unit mesin pompa air serta alat manual lainnya yang dapat digunakan dalam memadamkan dan mendinginkan Karhutla.

“Selain itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar sama sama menjaga lahan dan secepat mungkin memberikan informasi jika ada titik api, memasang police line, memeriksa saksi saksi yang mengetahui sumber awal titik api bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolsek Enok, AKP Fadli saat dihubungi mengatakan bahwa pihaknya masih berada di lokasi melakukan pemadaman karhutla.

“Saya masih di lokasi memadamkan api. Yang terbakar satu hektare,” sebutnya.

Baca juga: Inhil resmi tetapkan status siaga darurat Karhutla

Baca juga: Riau minta bantuan helikopter dan TMC untuk cegah karhutla, begini penjelasannya