Siap-siap, Bupati Meranti terpilih akan rasionalisasi pejabat dan rampingkan OPD

id bupati meranti,pilkada meranti, meranti,pelantikan bupati

Siap-siap, Bupati Meranti terpilih akan rasionalisasi pejabat dan rampingkan OPD

Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Asmar saat tiba di Kota Selatpanjang sepulang dari dilantik oleh Gubernur Riau di Balai Serindit, Pekanbaru, Jum'at (26/2/2021). (ANTARA/Rahmat Santoso/21)

Kalau nanti tidak bisa berubah, saya akan Plt kan dia. Karena kita tidak mau lagi di OPD itu hanya menetek,
Selatpanjang (ANTARA) - Belum satu hari resmi dilantik menjadi Bupati Kepulauan Meranti periode 2021-2026Muhammad Adil langsung beri sinyal soal rasionalisasi (pengurangan) pejabat struktural dan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat.

"Dari informasi media yang saya peroleh, Meranti itu ada 688 pejabat struktural. Nanti akan kita kecilkan (kurangi) menjadi 300 orang. Berarti ada 388 pejabat yang akan tersingkir. Sedangkan 35 OPD yang ada, kita rampingkan menjadi 16 saja," ungkap H Adil kepada wartawan saat tiba di kediaman pribadinya di Jalan Alahair, Selatpanjang, Jumat sore.

Saat ditanyai OPD mana saja yang akan dirampingkan, ia belum mau menjawabnya namun akan dijelaskannya saat rapat perdana bersama OPD dalam rangka evaluasi kinerja pada Senin (1/3/2021).

"Senin esok kita adakan upacara untuk seluruh jajaran OPD. Selanjutnya baru kita rapat bersama, dan di situ kita mau evaluasi kinerja. Iya di dalam rapat itu nanti kita akan tahu mana yang mau diganti dan mana yang tidak," ujar Adil.

Baca juga: Resmi menjabat, Gubri ingatkan tiga kepala daerah untuk penuhi janji kampanye

Ia mengakui, upaya yang dilakukannya itu agar jajarannya bisa betul-betul bekerja dan meminimalisir pembengkakan APBD yang terkuras akibat beban penggunaan anggaran yang relatif tidak tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat.

Kinerja pejabat pun akan dimaksimalkan dengan memanfaatkanteknologi masa kini. Cara itu diakuinya lebih efektif dan meminimalisir keruwetan dalam menjalankan roda pemerintahan yang biasanya lebih ke cara kerja manual.

"Makanya Meranti ini kita bangun smart city, jadi semua kerja itu tidak perlu harus datang. Karena sekarang sudah ada teknologi. Itu yang nanti kita manfaatkan dan ditunjang dengan SDM di Meranti. Generasi muda dan ASN itu harus wajib mengetahui IT (teknologi informasi)," jelasnya.

Mantan anggota legislatif Provinsi Riau itu meyakini dalam waktu tiga bulan ke depan sudah ada perubahan dari kebijakan yang telah dibuatnya.

"Kalau nanti tidak bisa berubah, saya akan Plt kan dia. Karena kita tidak mau lagi di OPD itu hanya menetek (bergantung) pada APBD dan tidak ada perubahan yang signifikan," pungkasnya.

Dapat disampaikan juga, Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil baru saja tiba menginjakkan kaki di tanah kelahirannya bersama Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar sepulang dilantik oleh Gubernur Riau, Syamsuar di Balai Serindit, Pekanbaru, Jumat (26/2/2021) sore.

Dari pantauan, tampak mereka disambut hangat oleh seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, DPRD, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan sejumlah masyarakat saat tiba di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang. Dalam penyambutan itu diiringi pengawasan secara ketat oleh aparat keamanan TNI dan Polri.

Disela itu, doa pun dipanjatkan oleh pemangku adat melayu di LAMR Kepulauan Meranti untuk Adil dan Asmar sebelum kembali menuju ke kediamannya di Jalan Alahair.

Baca juga: Tim pemenangan tak terdaftar di kubu Adil - Asmar jadi tersangka politik uang