Lift menara Jembatan TASL Siak akan difungsikan kembali, dibuka untuk umum

id Jembatan. Menara. TASL. Siak. ,Jembatan siak, siak

Lift menara Jembatan TASL Siak akan difungsikan kembali, dibuka untuk umum

Salah satu menara Jembatan TASL Siak ketika dilewati pebalap sepeda pada Iven Tour de Siak.(Arsip Antaranews)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) akan memfungsikan kembali "lift" Menara Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) setinggi 76 meter dan dibuka untuk umum.

"Sesuai visi misi bupati terpilih Siak sebagai destinasi wisata unggulan, maka kita melaksanakan program perbaikan 'lift' menuju menara jembatan," kataKepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar, Selasa.

Dia didampingi Kepala Bidang Bina Marga Ari Nuvrizal, Kepala Bidang Cipta Karya Husen dan Kepala Bidang Pertamanan Izram dan jajaran meninjau menara jembatan itu. Mereka melihat posisi letak gerai kedai kopi bagian bawah, pos tiket masuk dan tempat-tempat foto.

Ia menguraikan, bagian bawah jembatan sudah menjadi destinasi wisata berupa taman Tengku Agung yang dibangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Selanjutnya ruangan di atas menara jembatan bakal dibuka untuk wisatawan sebagai gardu pandang kota Siak dari ketinggian.

"Karena itu kita benahi liftnya. Lift tidak lagi menggunakan sinyal untuk menjalankannya, tetapi manual seperti lift di hotel-hotel. Ini dipastikan menjadi ikon baru bagi kepariwisataan Siak," sebut dia.

Ruangan di atas menara jembatan itu, lanjutnya sebesar 40 meter persegi. Sekali masuk bisa untuk 20 orang, dengan durasi waktu yang ditentukan. Dari atas menara tersebut wisatawan bakal dimanjakan oleh pemandangan yang menakjubkan, seperti kehijauan, kota Siak yang tertata serta meliuknyabadan Sungai Siak.

Di atas menara tersebut juga dilengkapi dengan kedai kopi, teropong dan tempat duduk. Menara jembatan itu diproyeksikan sebagai destinasi wisata tertinggi di kabupaten Siak.

"Objek wisata ini akan beroperasi sampai malam. Karena itu kita juga menganggarkan pembenahan cahaya. Jadi, lokasi ini dari bawah hingga atas akan bermandikan cahaya yang dirancang dengan konsep kekinian yang sangat 'instragramble'," sambung dia.

Pada awal 2021, pihaknya sudah melakukan lelang tender untuk pembangunan itu. Anggaran sebesar Rp 3,5 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Siak disiapkan untuk mencapai program tersebut.

Sebelumnya lift dan ruangan di atas menara jembatan itu sudah berjalan. Namun, hanya untuk tamu-tamu pemerintahan dan tidak terbuka untuk umum.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar