Setelah 5 tahun, Siak kembali dapat bankeu dari Pemprov Riau

id Bankeu Pemprov Riau, Jembatan Cimpur Siak, Pk gubernur Riau, jembatan di Siak

Setelah 5 tahun, Siak kembali dapat bankeu dari Pemprov Riau

Pj Gubri SF Hariyanto ketika meninjau lokasi pembangunan Jembatan Cimpur di Siak. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Pejabat Gubernur Riau, SF Hariyanto di sela kesibukannya menyempatkan meninjau proyek infrastruktur yang akan dibangun di Kabupaten Siak.

Usai menyerahkan Surat Keputusan 204 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tenaga guru di SMA 1 Siak, ia bersama rombongan langsung meluncur ke lokasi proyek pembangunan jalan dan jembatan, Rabu sore.

Jalan ini disiapkan untuk menjadi alternatif selain jalur yang belok ke kanan setelah bundaran.

Dengan begitu, kendaraan yang tujuannya ke Bungaraya, Sabak Auh, Sungai Apit hingga Bengkalis tak perlu lagi memasuki Kota Siak. Pasalnya jalan saat ini yakni Kualian-Langkai terbilang sempit ditambah lagi mobil angkutan barang seperti truk juga lewat sana.

Jalan menuju lokasi rencana pembangunan proyek Jembatan Cimpur sudah diaspal dia jalur sepanjang 2 kilometer selebihnya hingga 2,9 km lagi sedang pengerasan. Di ujung jalan tersebut itu membentang Sungai Cimpur yang akan dibangun jembatan di atasnya untuk menghubungkanke jalan yang telah ada.

Pj Gubri bersama rombongan pun menjajal jalan yang sudah dibangun sejak tahun 2023 tersebut. Sesampainya di lokasi ia pun menjejakkan kaki di sana bersama Wakil Bupati Siak Husni Merza, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman Siak Irving Kahar.

Setelah itu, Pj Gubri mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan anggaran sebagai bantuan keuangan sebesar Rp32 miliar untuk pembangunan jembatan tersebut. Pengerjaannya akan dilakukan pada 2025 mendatang.

"Iya kita ada bankeu nanti," ujar Pj Gubri.

Sementara itu, Kadis PU Tarukim Siak, Irving Kahar menyatakan sangat bersyukur atas bankeu tersebut dantentunya masyarakat akan sangat berterimakasih dengan adanya jembatan tersebut. Hal iniseakan menjadi pengobat luka karena Siak karena selama lima tahun ini tidak mendapatkan bantuan keuangan dari Pemprov Riau.

"Setelah lima tahun tidak ada bantuan keuangan dari Pemprov Riau Batu di zaman Pak SF Hariyanto ini baru ada. Ini sangat bersyukur alhamdulillah masyarakat Siak dibantu dengan adanya pembangunan dari Provinsi Riau," ungkapnya.