Warga sambut baik rencana Irving bangun Jembatan Perawang-Kotogasib

id Jembatan Perawang Koto gasibu, Cabup Siak Irving, Pilkada Siak 2024

Warga sambut baik rencana Irving bangun Jembatan Perawang-Kotogasib

Warga Perawang saat kampanye Cabup Siak, Irving Kahar Arifin. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak, Riau, (ANTARA) - Ratusan orang menghadiri kampanye dialogis Calon Bupati (Cabup) nomor urut 1, Irving Kahar Arifin di Kilometer 5 Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Senin sore.

Kegiatan kampanye ini dimeriahkan penampilan rebana oleh kelompok rebana setempat. Warga berdempetan duduk di ruangan dalam, teras hingga meluber keluar rumah.

Irving Kahar mengatakan akan menata kawasan perkotaan Perawang menjadi pusat ekonomi yang modern, tertata, rapi dan bersih. Akses jalan jalur dua yang membelah kampung Pinang Sebatang menuju feri sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kawasan perkotaan Perawang.

“Jika kita buka jalur dua dan bangun jembatan ada banyak dampak positif yang muncul di Perawang, akses semakin dekat, perjalanan lebih aman, UMKM tumbuh dan Perawang akan kembali menjadi sentra perdagangan,” ujarnya.

Irving menyebut sudah merancang rencana untuk peningkatan jalan jalur dua menuju feri. Tinggal lagi warga Perawang yang memikirkan untuk memenangkannya.

“Rencana strategis ini yang paling awal direalisasikan adalah peningkatan jalan menuju feri menjadi dua jalur,” katanya.

Sementara untuk jembatan perlu Detail Engineering Design (DED). Sebab pembangunan jembatan ini biayanya sangat besar.

“Maka nanti pembiayaannya kita harapkan budged sharing dengan provinsi, jika kita menang dan Wahid -SF Hariyanto di provinsi juga menang maka insyaallah rencana ini bisa cepat terwujud,” katanya.

Sementara sebelum jembatan terealisasi, Pemkab Siak di bawah kepemimpinannya akan mengaktifkan kapal Roro penyeberangan. Tujuannya untuk mempercepat dan mempermudah akses masyarakat.

Dalam menyampaikan visi misinya tersebut, Irving mendapat sambutan meriah dari para pendukungnya. Ia juga ditantang untuk merealisasikan rencana itu bila terpilih menjadi bupati nanti.

Nanang, kelompok milenial Perawang yang ikut dalam kampanye ini mendukung ide dan rencana kerja Irving untuk kawasan Tualang. Terlebih soal penataan UMKM, jalur dua jalan Perawang menuju feri, dan rencana pembangunan jembatan.

“Ini yang dinanti-nantikan warga Perawang dari dulu agar jalan provinsi Km 11 Koto -Gasib Simpang -Bakal bisa menghubungkan ke Pinang Sebatang, Perawang,” kata Nanang.