Pemprov Riau bangun jalan bebas hambatan di Siak dukung akses Jembatan Bengkalis

id Jembatan Bengkalis, Jalan Bebas Hambatan, Jalan di Siak, pj gubenur Riau

Pemprov Riau bangun jalan bebas hambatan di Siak dukung akses Jembatan Bengkalis

PK Gubernur Riau SF Hariyanto (tengah) bersama Kadis PU Tarukim Siak, Itving Kahar (kanan) dan Tokoh Masyarakat Siak, Irvan Gunawan saat berada di Jalan Lintas Buatan-Tannung Buton. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau terus mengupayakan peningkatan infrastruktur untuk kemudahan aksesibilitas di bumi lancang kuning. Setelah sebelumnya mengambil alih sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, kini Pemprov juga berencana membangun jalan bebas hambatan atau highway di Kabupaten Siak.

Hal tersebut terungkap ketika Pj Gubri dalam perjalanan agenda kerja ke Siak Sri Inderapura. Dirinya menyempatkan singgah di tepi jalan antara Simpang Buatan menuju Pelabuhan Tanjung Buton, Rabu. Di sana yang merupakan jalan nasional itu direncanakannya akan dilebarkan lagi satu ruas jalan di sebelah kiri.

"Ini memang jalan nasional, nanti kita surati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk pelebaran jalan. Ini untuk menunjang Pelabuhan Buton dan Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatera Bukit Batu," katanya.

Untuk itu pihaknya juga harus mempersiapkan akses jalan dari Simpang Buatan Siak sampai dengan Jembatan Teluk Masjid, Kecamatan Sungai Apit. Dengan begitu ke depannya jalan ini bisa menyambung hingga Pulau Bengkalis jika Jembatan telah siap.

Terkait pekerjaan jalan tersebut dia mencontohkan Jalan Bebas Hambatan atau Highway Pekanbaru-Kampar. Jalan itu memang wewenang nasional namun karena untuk kepentingan masyarakat pemerintah daerah juga ikut membangun dengan memperlebar jalan.

"Jadi kita buat dulu, nanti baru Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang menyelesaikan. Untuk di Siak ini tahun 2025 kita masukkan, kita usahakan semaksimal mungkin sekitar Rp75 miliar," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman Siak, Irving Kahare menyambut baik hal tersebut. Masyarakat Siak katanya tentu akan sangat berterimakasih dengan adanya jalan tersebut.

"Siak sangat bersyukur sekali dibantu pembangunan jalan. Seperti terulang kembali waktu Pj Gubri jadi Kadis PU Riau dulu juga banyak membangun untuk Siak yakni Jembatan Sultan Syarif Hasyim Maredan, Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmad syah Sungai Apit, dan Jalan Simpang Beringin hingga Simpang Maredan," ucapnya.

Hal seakan menjadi pengobat luka karena Siak karena selama lima tahun ini tidak mendapatkan bantuan keuangan dari Pemprov Riau. Pembangunan jalan sepanjang 77 kilometer itu nantinya tentu akan meningkatkan volume perlintasan di Siak yang berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat.

Tokoh Masyarakat Siak, Irvan Gunawan yang juga hadir dalam tinjauan itu juga sangat menyambut baik rencana ini. Dia yang juga Mantan Ketua DPRD Siak mengungkapkan ruas jalan ini dulu sejatinya sudah ada Detail Engineering Designnya.

"Ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2008, sejak tanah ini dihibahkan dari Caltex ke PT Bumi Siak Pusako. Namun karena pergantian pimpinan jalan ini tak direalisasikan," sebutnya.