Bupati Bengkalis harap pembangunan Jembatan Sumatera masuk program nasional

id Pemkab Bengkalis,kabupaten Bengkalis,kecamatan Siak kecil,jembatan pulau Sumatera

Bupati Bengkalis harap pembangunan Jembatan Sumatera masuk program nasional

Bupati Bengkalis menyerahkan bantuan kepada masyarakat dalam kunjungannya di Kecamatan Siak Kecil dalam rangka safari Ramadhan. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarni mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis bersama Pemerintah Provinsi Riau sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat agar pembangunan jembatan pulau Sumatera- Sungai Pakning masuk ke Pembangunan Strategis Nasional (PSN).

"Kami mohon doa semuanya, semoga apa yang menjadi rencanakan bersama dapat terwujud nantinya, demi Kabupaten Bengkalis Bermasa," ujar Kasmarni dalam acara safari Ramadhan di Kecamatan Siak Kecil, Minggu.

Kasmarni menyampaikan bahwa jembatan dari Sungai Pakning menuju Pulau Bengkalis, kelak akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dengan luas bentangan lebih kurang 6,1 kilometer.

"Dapat kami sampaikan, pembangunan jembatan tersebut bukan lagi sebuah wacana, akan tetapi sudah menjadi sebuah rencana," lanjut Bupati

Selain itu, orang nomor satu Kabupaten Bengkalis juga menyampaikan khusus untuk Kecamatan Siak Kecil, pada APBD 2024 ini Pemkab Bengkalis telah mengalokasikan anggaran untuk berbagai program pembangunan diantaranya, peningkatan Jalan Sadar Jaya menuju Muara Dua (ruas Sadar Jaya-Bandar Jaya) sebesar Rp5 miliar.

Berikutnya peningkatan Jalan Kantor Desa menuju Jalan BOB Desa Sumber Jaya sebesar Rp.300 juta, pembangunan oprit jembatan Sungai Buluh Desa Muara Dua sebesar Rp700 juta, penambahan ruangan UPT Puskesmas Lubuk Muda sebesar Rp450 juta.

Dan kegiatan-kegiatan lainnya, seperti program berobat gratis, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja bagi pekerja rentan serta informal, bantuan beasiswa prestasi dan beasiswa tahfidz qur’an, bantuan sosial, termasuk program BKK satu miliar satu kecamatan, satu desa dan satu kelurahan.

Pada kesempatan itu kembali Bupati Kasmarni mengingatkan kepada camat, warganya dan semua pihak supaya berhati-hati dengan api, jangan coba-coba bermain api apalagi membakar lahan. Karena saat ini cuaca sangat ekstrem..

"Ingat atas kelalaian kita bisa merugikan diri sendiri dan orang banyak, tidak hanya itu kita juga akan dipidana" tegas Kasmarni.