Alfedri-Husni teken komitmen peduli lingkungan bersama Sedagho Siak dan Penabalu

id pilkada siak, afedrihusni, kpu siak, alfedri

Alfedri-Husni teken komitmen peduli lingkungan bersama Sedagho Siak dan Penabalu

Alfedri bersama sejumlah LSM meneken piagam pelestarian lingkungan.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak nomor 2 Alfedri-Husni Merza meneken komitmendalam mendukung pelestarian lingkungan hidup dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat dalamkonsorsium yang tergabung Sedagho Siak bersama Penabalu.

"Kami yang bertanda tangan di bawah ini, atas nama calon kepala daerah Kabupaten Siak tahun 2021-2026, akan memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam hal kebijakan lingkungan dan kebencanaan serta reformasi birokrasi," tulis piagam yang ditandatangani Alfedri-Husni, Rabu.

Penandatanganan piagam dihadiri perwakilan dari Forum Indonesia Untu Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Yayasan Sart, Sedagho, dan Perkumpulan Teras Riau. Lalu ada dari Winrof, Sends, Penabulu, dan Yayasan Elang.

Alfedri-Husni menyampaikan mendukung upaya perbaikan dan pencegahan kerusakan lingkungan dan peningkatan ketahanan bencana. Maka dari itu mereka berkomitmen untuk menjadikan Kebijakan Peraturan Bupati Siak Nomor 22 Tahun 2018 tentang Siak Kabupaten Hijau Menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Lalu melaksanakan kebijakan Siak Hijau dan mengintegrasikan ke dalam Rencana Pembangunan Jangan Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2026. Kemudian melaksanakan kebijakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dengan perlindungan gambut secara baik.

Mereka juga diminta untuk memfasilitasi Perhutanan Sosial (PS) dan TORA serta mengalokasikan kebijakan anggaran. Untuk selanjutnya memastikan program dan regulasi pemerintah untuk menjalankan pemetaan tapal batas desa yang partisipatif.

Dalam hal reformasi birokrasi Alfedri-Husni akan menerapkan sistem pelayanan publik yang mudah, cepat, terbuka, dan partisipatif. Diminta juga membangun sistem antikorupsi dengan menerbitkan kebijakan strategi pencegahan korupsi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Terakhir membangun dan mengimplementasikan platform kolaborasi bersama masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan monitoring pembangunan daerah. Alfedri menyatakan dukungan tidak hanya 100 persen namun mencapai 1000 persen.

Dinamisator Sedagho,Susanto Kurniawan menilai adanya keseriusan paslon nomor urut 2 dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. "Alhamdulillah paslon membuktikan dan bersedia mendukung dan berkomitmendengan menandatangani piagam tersebut," ungkap Susanto.