Akademisi : Menggali peluang pengusaha dan pekerja akibat pandemi

id Pekerja, pengusaha, Pandemi

Akademisi : Menggali peluang pengusaha dan pekerja akibat pandemi

Eki Baihaki (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengamat komunikasi politik Eki Baihaki menilai pengusaha dan para pekerja membutuhkan nafas baru untuk bisa memulihkan ekonomi usai badai Pandemi yang melanda berbagai belahan bumi saat ini.

Eki dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan pembahasan RUU Cipta Kerja yang masih dilakukan oleh DPR menjadi salah satu pilihan untuk mampu memunculkan peluang dan norma baru bagi pekerja dan pengusaha di Indonesia.

"Dari sisi pekerja, saya melihat justru banyak peluang yang tercipta dari adanya RUU Cipta Kerja. Banyak sekali stimulus untuk siapapun yang ingin memulai wirausaha. Peluang ini penting bagi para pekerja kalau memang ingin mencari solusi jika menilai keberlangsungan perusahaan terancam di tengah pandemi ini," kata dia.

Eki menilai pekerja harusnya memang melihat peluang dan opsi lain di tengah ketidakpastian iklim ekonomi yang terjadi. RUU Cipta Kerja yang jelas memiliki fokus untuk pemberdayaan, perlindungan UMKM, dan kemudahan berusaha, harusnya bisa menjadi jalan keluar supaya pekerja juga bisa lepas dari ketergantungan terhadap perusahaan.

"Kalau hanya menggantungkan diri pada perusahaan, ini contoh pekerja yang menurut saya tidak merdeka. RUU Cipta Kerja ini memberikan opportunity yang luas kok, jadi pekerja memang perlu melihat peluang yang muncul dan memanfaatkannya," kata Eki.

Ekosistem ketenagakerjaan yang diatur dalam RUU Cipta Kerja, juga menjamin fleksibilitas untuk investor lebih mudah masuk dan membuka lapangan kerja lebih masif. Hal ini sangat krusial untuk dilakukan karena Indonesia saat ini menghadapi tantangan bonus demografi pekerja.