Plh Bupati Bengkalis minta keberadaan forum CSR besinergi dengan Pemerintah setempat

id Pemkab Bengkalis,bengkalis, forum CSR,peluncuran forum CSR Bengkalis

Plh Bupati Bengkalis minta keberadaan forum CSR  besinergi dengan Pemerintah setempat

Plh Bupati Bengkalis saat menghadiri lounching forum CSR Kabupaten Bengkalis.(ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Plh Bupati Bengkalis Bustami HY mengharapkan keberadaan forumCorporate Social Responsibility (CSR)agar secara kontinyumelakukan aktifitas untuk mendorong sinergitas antara program perusahaan dengan program Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Kami berharap keberadaan perusahaan melalui programnya agar dapat berperan maksimal melalui dana CSR-nya. Dan yang paling penting bukan forumnya," ujar Bustami saat peluncuran forum CSR se Kabupaten Bengkalis, Senin (6/7).

Dikatakan Bustami, Forum CSR di Kabupaten Bengkalis ini sudah dibentuk pada tahun 2011. Saat itu hanya beranggotakan 16 perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis. Seiring persoalan regulasi daerah terutama berkaitan kewenangan dan hal-hal lainnya, forum CSR hanya aktif empat tahun, setelah itu vakum.

"Sebagai komitmen dari penerapan peraturan daerah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menerbitkan keputusan Bupati Bengkalis Nomor 188/KPTS/IV/2020 yang menjadi titik awal pengaktifan kembali Forum CSR," katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bappeda Bengkalis Hadi Prasetyo mengatakan, pengaktifan kembali Forum CSR setelah vakum tidak terlepas dari semangat kebersamaan semua pihak.

Setelah peluncuran ini, Bappeda kata Hadi akan secara kontinyu melakukan komunikasi dengan anggota Forum CSR untuk membahas berbagai program kerja untuk pembangunan Bengkalis ke depan.

"Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kita dapat memulai dan menggaungkan lagi Forum CSR di kabupaten Bengkalis. Kepada perusahaan baik yang telah bergabung baik yang belum bergabung izinkan kami secara kontinu akan melakukan kordinasi dan komunikasi kepada saudara setelah kegiatan ini. Karena pentingnya peran perusahaan dalam pembangunan, maka menunggu bukan pilihan bagi kita semua, "ungkap Kepala Bappeda.

Forum CSR Kabupaten Bengkalis beranggotakan 66 perusahaan beroperasi di Kabupaten Bengkalis. Partisipasi perusahaan di forum ini sangat tinggi pasca vakum lima tahun. Pengaktifan kembali Forum CSR ini tidak terlepas dari inisiasi DPRD kabupaten Bengkalis.

Peluncuran Forum CSR dilakukan secara virtual. Diwaktu yang sama, Forum CSR menggelar Forum Grup Discussion (FGD) bersama Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Ir Emri Juli Harnis MT PhD dan Azizon Nurza SPi MM penerima CSR Award sebagai narasumber.

Baca juga: Forum CSR Bengkalis cari Masukan Susun Renstra