Meksiko, India, Irlandia, Norwegia terpilih jadi anggota tidak tetap DK PBB

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, PBB

Meksiko, India, Irlandia, Norwegia terpilih jadi anggota tidak tetap DK PBB

Bendera PBB (REUTERS/Denis Balibouse)

New York (ANTARA) - Meksiko, India, Irlandia, dan Norwegia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu (17/6) dalam pemungutan suara pertama yang dilakukan di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat.

Sebanyak 193 negara anggota PBB akan kembali memberikan suara dalam pemungutan suara kedua pada hari Kamis (18/6) untuk menentukan siapa yang akan menduduki kursi dari perwakilan Afrika. Kenya dan Djibouti bersaing untuk mendapatkan kursi terakhir, tetapi kedua negara belum berhasil meraih dua pertiga suara mayoritas.

Baca juga: Sekjen PBB Antonio Guterres yakin pada upaya China perangi wabah corona

Kanada kalah dari Irlandia dan Norwegia dalam pemilihan yang berlangsung di aula Majelis Umum PBB di tengah pandemi COVID-19.

Meksiko dan India terpilih tanpa ada perlawanan sengit.

Untuk memastikan representasi geografis, kursi dialokasikan untuk kelompok regional.

Meksiko, India, Irlandia, dan Norwegia akan mulai menduduki anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada 1 Januari 2021 untuk masa jabatan selama dua tahun.

Dalam pemungutan suara kali ini, para diplomat yang mengenakan masker serta menjaga jarak memberikan kartu suara pada waktu yang ditentukan.

Dewan Keamanan PBB adalah satu-satunya badan PBB yang dapat membuat keputusan yang mengikat secara hukum seperti menjatuhkan sanksi dan mengizinkan penggunaan kekuatan.

Dewan Keamanan PBB memiliki lima anggota permanen pemegang hak veto - Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Cina dan Rusia.

Baca juga: PBB bantah tuduhan AS yang manfaatkan pandemi COVID-19 promosikan aborsi

Baca juga: PBB: prajurit Turki tewas, momen paling mengkhawatirkan pada perang Suriah


Sumber : Reuters

Penerjemah: Azis Kurmala