Pertamina tambah pasokan 4.600 tabung elpiji melon di Riau ini alasannya

id Elpiji melon,pertamina,pertamina riau, pertamina dumai

Pertamina tambah pasokan 4.600 tabung elpiji melon di Riau ini alasannya

Penyaluran elpiji 3kg. (ANTARA/HO-Pertamina)

 Pekanbaru (ANTARA) - Pertamina menyatakan sudah menambah kuota penyaluran elpiji 3kg sebanyak 4.600 tabung per hari, guna memenuhi pasokan di masyarakat Riau menyambut perayaan Idul Fitri 1441 H.

Tujuannya Pertamina ingin memastikan ketersediaan elpiji di Provinsi Riau dalam kondisi aman dan mencukupi, terutama sepekan menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Menurut catatan kami, terdapat peningkatan konsumsi elpiji 3Kg hingga mencapai 159 ribu tabung per hari, atau naik sebesar 4 persen jika dibandingkan konsumsi harian normal sebesar 154 ribu tabung," kata Juru Bicara Pertamina MOR I Sumbagut, M. Roby Hervindo kepada ANTARA di Pekanbaru, Selasa.

Roby menjelaskan, Pertamina sudah memprediksi sebelumnya bahwa akan ada lonjakan konsumsi elpiji selama bulan Ramadhan ini hingga menjelang lebaran nanti.

Kata Roby, jika konsumsi elpiji 3kg mengalami kenaikan, kebalikannya justru terjadi penurunan untuk konsumsi elpiji non subsidi kategori rumah tangga seperti elpiji 12 kg, Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg.

"Kami mencatat penurunan konsumsi elpiji non subsidi sekitar 0,7 persen per hari. Kendati demikian, kami memastikan ketersediaan elpiji jelang lebaran. Stok yang tersedia, mampu memenuhi kebutuhan warga Riau hingga 23 hari ke depan," ungkap Roby.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang menggunakan elpiji sesuai kebutuhan dan peruntukkannya. Peran masyarakat juga diharapkan dalam mengawasi distribusi dan penggunaan elpiji bersubsidi agar tepat sasaran, dan melaporkan jika terdapat indikasi pelanggaran ke Call Center 135.

Selain memastikan akan ketersediaan stok elpiji bagi masyarakat Riau, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini juga Pertamina melakukan kegiatan rutin berbagi. Yaitu dengan memberikan santunan senilai Rp30 juta rupiah kepada 150 anak yatim dan dhuafa di wilayah Riau.

Ada yang berbeda dengan kegiatan yang dilakukan oleh Pertamina serentak di beberapa provinsi tahun ini. Mengingat saat ini sedang berlangsung pandemi COVID-19, maka santunan diserahkan langsung dengan cara mendatangi kediaman anak yatim.

"Tentunya dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan COVID-19," pungkas Roby.

Baca juga: Peringati Nuzulul Quran, Pertamina Dumai santuni 500 anak yatim dan panti asuhan

Baca juga: Pertamina RU II komit pasok kebutuhan energi nasional di tengah pandemi COVID-19