DPRD Siak setujui laporan pansus LKPj kepala daerah tahun 2019

id dprd siak,pansus LKPj Siak,berita riau antara,berita riau terbaru

DPRD Siak setujui laporan pansus LKPj kepala daerah tahun 2019

Sidang Paripurna DPRD Siak tentang Laporan Pansus LKPj Kepala Daerah 2019. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

SIAK, (ANTARA) - DPRD Siak menyetujui laporan panitia khusus laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah tahun 2019 sebagai keputusan dewan setempat yang memberikan sejumlah rekomendasi bagi pemerintah.

"Forum sidang menyepakati laporan panitia khusus dapat disetujui menjadi keputusan DPRD. Rekomendasi LKPJ ini akan diberikan kepada kepala daerah," kata Ketua DPRD Siak, Azmi saat memimpin sidang paripurna, Rabu.

Sebelumnya laporan pansus tersebut dibacakan oleh Ketua Pansus LKPj DPRD Siak, Marudut Pakpahan. Dia merinci target dan realisasi anggaran yang dilakukan sejumlah organisasi perangkat daerah dan memberikan rekomendasi.

Seperti di Dinas tenaga kerja dengan kewenangan di provinsi sehingga pengawasan tenaga kerja lokal dan asing kurang efektif. Kemudian juga disoroti kurangnya kesempatan kerja bagi tenaga kerja lokal di Siak.

"Masih banyak perusahaan yang beroperasi di Siak belum menentukan skala upah. Perlu adanya peningkatan keterampilan pekerja karena dengan semakin terampilnya pekerja maka produktivitas akan meningkat," ujarnya.

Kemudian dia juga menyampaikan pandangan tentang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak. Pada 2019 dinas itu memomi 15 kegiatan dan realisaai fisik 95 persen.

"Reisasi keuangan 93 persen, persentase penanganan sampah pada tahun 2019 83,2 persen. Dibanding tahun 2018 yakni 48 persen," sebutnya.

Total volume produksi penanganan sampah yang dihasilkan mencapai 67 ribu ton dan yang dapat ditangani 43 ribu ton. Marudut selanjutnya juga menyebutkan kinerja dinas lainnya.

Marudut menyerahkan laporan tersebut ke Ketua DPRD Siak, Azmi. Selanjutnya Sekretaris Dewan DPRD Siak, Amril membacakan keputusan Laporan Pansus LKPJ menjadi sebuah keputusan DPRD Siak.(adv)

Baca juga: Legislator Siak minta pemerintah juga bantu warga yang kehilangan pekerjaan

Baca juga: Ketua DPRD Siak dukung pelaksanaan PSBB tingkat Provinsi Riau

Baca juga: DPRD Siak rapat refocusing dan realokasi anggaran penanganan COVID-19