Ketua DPRD Siak dukung pelaksanaan PSBB tingkat Provinsi Riau

id ketua dprd siak,dprd siak,berita riau antara,berita riau terbaru,psbb,covid riau

Ketua DPRD Siak dukung pelaksanaan PSBB tingkat Provinsi Riau

Ketua DPRD Siak, Azmi ketika memberikan bantuan sembako kepada masyarakat.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

SIAK, (ANTARA) - Ketua DPRD Siak, Azmi, mendukung diadakannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah setempat atas meningkatnya kasus wabah COVID-19 dengan Riau ditetapkan sebagai daerah zona merah.

"PSBB akan ada ketentuanya dan mempunyai mekanisme kalau menurut pemerintah sudah sesuai dan sudah memenuhi ketentuan tidak ada masalah bagi DPRD. Kalau memang dibutuhkan betul PSBB ini untuk memutuskan mata rantai, DPRD Siap mendukung," kata Ketua DPRD Siak, Azmi, Selasa.

Akan tetapi lanjutnya ini tergantung masalah anggaran tergantung dari Pemerintah Kabupaten Siak sendiri. Ketersediakan anggaran bagi PSBB katanya harus dipersiapkan pemerintah secara secara matang.

Pasalnya jika PSBB diterapkan akan ada Konsekuensi bagi pemerintah kepada masyarakatnya. Termasuk kepada pemerintah provinsi yang mengajukan PSBB pada pemerintah pusat tersebut

"Kalau DPRD siap mendukung penuh, tergantung kebijakan dari bupati dan gubernur untuk melaksanakan PSBB ini demi masyarakat Siak. Provinsi juga harus bisa bekerjasama dengan kabupaten untuk masalah PSBB," tambah Azmi.

Kabupaten Siak menurutnya selama ini sudah melaksanakan Pra PSBB sejak awal wabah COVID-19 ini. Semua aturan Protokol COVID-19 sudah diterapkan jadi kalau pun dilaksanakan PSBB, tidak terkejut lagi.

"Sejauh ini kita telah banyak mengikuti aturan-aturan tentang PSBB, jadi yang namanya PSBB punya kriteria-kriteria tertentu dan harus mempunyai anggaran yang cukup dan Pemerintah Siak harus sudah siap demi mencegah penyebaran Covid-19 dan memutuskan mata rantainya," ujarnya.

Sebelumnya untuk mendukung pencegahan penularan yang lebih banyak, ada lima wilayah yang diajukan Pemprov Riau untuk PSBB termasuk Siak. Meskipun belum memenuhi kriteria untuk mengajukan PSBB, Pemkab Siak mengaku siap mengikuti jika dilakukan PSBB tingkat Provinsi Riau.(adv)

Baca juga: DPRD Siak rapat refocusing dan realokasi anggaran penanganan COVID-19

Baca juga: Legislator Siak pastikan proyek semenisasi berjalan baik

Baca juga: DPRD Siak gesa perusahaan salurkan bantuan COVID-19