Anggota DPRD Siak termuda keluhkan kampungnya tak ada internet dan air bersih

id Anggota DPRD Siak, tak ada sinyal, air bersih,Pilkada Siak 2024

Anggota DPRD Siak termuda keluhkan kampungnya tak ada internet dan air bersih

Anggota DPRD Siak, Nia Sari Sihotang. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak, (ANTARA) - Anggota DPRD Siak termuda Nia Sari Sihotang

menggelar syukuran setelah dilantik menjadi anggota dewan di rumahnya, Kampung Paluh, Kecamatan Mempura. Banyak warga yang datang pada rumah yang berada di tepi jalan pipa minyak tersebut.

Dalam suasana gembira tersebut ternyata ada masalah yang seharusnya tak dirasakan lagi pada zaman serba digital sekarang ini. Masalah itu yakni akses internet yang tidak ada di sana, hanya bisa untuk menelpon biasa saja.

Nia mengaku meskipun banyak warga yang berkebun sawit dan memiliki perekonomian yang cukup tapi untuk internet mereka tak punya akses. Setiap rumah warga harus membeli internet nirkabel atau wifi jika ingin mengakses internet.

"Jaringan akses internet sangat penting sekali. Tapi di sini tak ada sama sekali internet, bahkan untuk kartu biasa saja tidak bisa. Internet harus pakai wifi," katanya.

Diakuinya memang kampung itu salah satu blank spot di Kecamatan Mempura yang bertetangga dengan ibu kota Kabupaten Siak. Hal ini akan diperjuangkannya nanti sebagai anggota dewan. Kondisi tanpa sinyal internet sudah lama dirasakan masyarakat namun selama ini tidak belum solusinya.

Selain itu, lanjutnya, masalah di kampungnya adalah belum adanya sumber air bersih. Warga setempat untuk mandi, MCK, makan dan minum harus membeli air.

"Air bersih sudah sering disampaikan ke dewan tapi belum terwujudkan, maka apabila terpilih Bapak Irving Kahar Arifin dan Sugianto ini harus segera terwujud dan dibangun secepatnya," ucapnya.

Nia Sari Sihotang merupakan anggota DPRD Siak dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Ia terpilih dari Daerah Pemilihan Siak I, meliputi kecamatan Siak, Mempura, Bungaraya, Sabak Auh, Pusako dan Sungai Apit.

Di kediaman Nia juga digelar kampanye dialogis dengan Calon Bupati Siak dan Wakil Bupati Siak nomor urut 1 Irving -Sugianto. Mereka turut disambut ayah Nia, Sihotang dan Ketua DPC PKB Siak Muhtarom, sekaligus anggota DPRD Riau.

Sementara itu Irving dan Sugianto berkeliling menyalami warga mulai dari depan hingga ke ibu-ibu yang melakukan rewang di bagian samping belakang. Irving juga mengucapkan selamat kepada Nia yang telah dilantik menjadi anggota DPRD Siak 2024-2029.

“Air bersih dan sinyal internet yang belum ada di sini nanti kita benahi. Seandainya kami terpilih tentu kami kolaborasi dengan legislatif dimana ada Bu Nia nanti yang memperjuangkan juga di dewan,” katanya.